7 Tips Tepat Mengobati Sakit Perut Pada Anak!

No comment 1198 views

sakit perut pada anak

sakit perut pada anakSakit perut sering sekali terjadi pada siapa saja mulai dari orang dewasa hingga bisa terjadi pada anak Рanak. Penyebab sakit perut juga bermacam Рmacam dan berbeda. Bagi orang tua yang melihat anaknya mengalami sakit perut tidak perlu pani dan segera cari tau penyebabnya dan kemudian segera lakukan pengobatan. Berikut adalah tips mengobati dan cara mencegah sakit perut pada anak yang harus para orang tua ketahui :

Tips pintar mengobati dan mencegah sakit perut pada anak – anak

  • Tips mengobati sakit perut pada anak

1. Baringkan anak ditempat tidur

Membaringkan anak yang mengalami sakit perut berguna untuk rasa sakit pada perutnya.

2. Sakit perut yang diakibatkan karena makan kurang teratur

Untuk anak anda yang sakit perut karena makannya tidak teratur anda dapat memberikan minuman yang terbuat dari air kunyit. Caranya cukup mudah cuci bersih kunyit tersebut kemudian parut dan selanjutnya tambahkan air matang saring dan ambil airnya saja. Berikan air perasan kunyit tersebut pada anak anda sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

3. Sakit perut yang diakbitkan demam

Jika anak anda sakit perut yang dikarenakan oleh demam langkah pertama yang harus anda ambil adalah ukur suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer dan kemudian berikan mereka obat demam yang berguna untuk menurunkan demam pada anak.

4. Sakit perut akibat diare

Berikan larutan oralit yang siap pakai atau dengan cara mencampurkan satu sendok teh gula putih dengan seperempat sendok teh garam kemudian aduk dengan air putih yang matang dan berikan pada anak setiap 3 sampai 4 kali dalam sehari.

5. Sakit perut yang diakibatkan makanan pedas

Apabila anak anda mengalami sakit perut yang diakibatkan memakan makanan pedas berikanlah air seduhan jintan hitam dengan tambahan sedikit garam.

6. Sakit perut karena sembelit

Jika anak anda mengalami sakit perut yang disertai dengan sembelit anda harus memberikan makanan yang banyak mengandung serat seperti agar – agar, buah – buahan, dan sayur kacang merah serta dengan berikan banyak air putih.

7. Sakit perut akibat perut kembung

Oleskan minyak kayu putih pada bagian kulit perut anak anda yang berguna untuk mengeluarkan angin dan juga bisa memberikan air teh hangat yang berguna untuk menetralisir gas yang menyebabkan perut kembung.

Itulah beberapa tips mengobati perut kembung pada anak. Dan berikut adalah cara mencegah perut kembung pada anak.

  • Cara mencegah perut kembung pada anak

– Jagalah kebersihan lingkunngan, alat makan, dan juga sanitasi

– Biasakanlah anak anda untuk mencuci tangannya sebelum makan

– Berikan makanan yang bersih dan juga dimasak hingga benar – benar matang

– Berikan mereka air putih setidaknya 8 kali dalam sehari

– Berikan mereka sayur – sayuran dan juga buah – buahan yang banyak mengandung serat

– Berikan mereka obat cacing

– Hindari memakan makanan yang banyak mengandung lemak secara berlebihan

– Ajak mereka makan dengan tepat waktu

– Hindari makanan pedas

– Jangan memberikan mereka makanan yang asam

– Ajak mereka untuk berolahraga secara teratur

– Berikan mereka waktu istirahat yang cukup setelah melakukan akitivitas

– Dan yang terakhir adalah apabila anak anda mengalami keluhan pada bagian perutnya segera lakukan pengangan yang tepat pada anak

Nah itulah beberapa ulasan tentang cara mengobati dan mencegah sakit perut pada anak yang harus para orang tua ketahui. Jangan sekali Рsekali memberikan mereka obat sakit perut yang sembarangan tanpa terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter karena jika anda memberikan obat sakit perut yang sembarangan dapat berakibat lebih buruk pada anak anda. Baca juga yuk tentang Kenali Dan Waspadai Gejala TBC Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "7 Tips Tepat Mengobati Sakit Perut Pada Anak!"