7 Trik Jitu Mengatasi Balita Susah Makan!

No comment 1392 views

7 Trik Jitu Mengatasi Balita Susah Makan!

Balita susah makan – Usia balita 1 hingga 5 tahun merupakan masa pertumbuhan yang penting, untuk itu kecukupan gizinya harus terpenuhi agar balita tumbuh sehat. Namun banyak orang tua yang mengeluhkan balitanya susah makan, tanda – tanda yang sering ditemui yaitu anak cenderung tidak menyukai sayuran dan hanya menyukai beberapa makanan tertentu saja.

Jika balita susah makan otomatis asupan gizinya kurang dan akan mudah terserang penyakit. Hal ini harus segera diatasi agar tidak berlanjut hingga usia dewasa nanti. Beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan yaitu karena pencernaannya terganggu dan ada hal yang berkaitan dengan kondisi psikologis anak. Namun bunda jangan khawatir, berikut adalah cara jitu mengatasi balita susah makan.

Cara agar balita tidak susah makan

1. Anak balita cenderung mudah bosan dengan makanan yang disajikan sehari – hari. Tidak hanya balita, terkadang orang dewasa saja akan bosan jika makanan yang disajikan itu itu saja. Oleh karenanya bunda harus mencoba hal baru dengan memberi menu baru yang berbeda kepada balita. Apalagi jika anak menolak makanan favoritnya, sudah dapat dipastikan bahwa anak butuh menu baru untuk makanannya.

2. Apakah anak Anda hobi minum jus? Seharusnya Anda membatasi pemberian jus kepada anak karena jus memberi efek kenyang dan membuat anak menjadi susah makan. Direkomendasikan untuk memberikan jus kepada anak tidak lebih dari 400 hingga 600 ml setiap harinya.

3. Jangan membatasi makanan yang disantap oleh anak, biasanya anak ingin mengonsumsi apa yang dimakan oleh orang tuanya. Seharusnya bunda harus mengenalkan semua jenis makanan sejak dini agar nantinya anak menjadi tidak pilih – pilih.

4. Beri anak porsi yang sesuai dengan ukurannya, ajarkan anak untuk selalu mengahiskan makanan yang berada dipiring. Berikan porsi kecil agar anak bertanggung jawab untuk menghabiskannya.

5. Untuk mengatasi balita susah makan atur jam makannya secara teratur agar anak terbiasa makan tepat pada waktunya.

6. Ajak anak menyiapkan makanannya dan beri pujian agar ia merasa senang dan bersemangat untuk makan.

7. Biasanya orang tua sering salah dalam ngatasi anak susah makan dengan cara mengancam atau menakuti – nakutinya. Hal itu adalah salah dan hanya membuat anak menjadi trauma psikologis. Semestinya bunda harus membujuk dengan cara yang lemah lembut agar ia mau menuruti kata – kata Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi balita susah makan, ada baiknya Anda juga memberikan anak vitamin dan suplemen penambah napsu makan yang sebelumnya telah Anda konsultasikan dulu dengan dokter. Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Susah BAB pada Balita!

author
No Response

Leave a reply "7 Trik Jitu Mengatasi Balita Susah Makan!"