Lakukan 9 Langkah Ini Agar Anak Cepat Tidur

Agar Anak Cepat Tidur Lakukan 5 Langkah Berikut

Cara agar anak cepat tidur – Berbeda dengan orang dewasa yang menganggap tidur adalah suatu hal yang menyenangkan, bagi anak tidur bukan hal yang ditunggu – tunggu. Oleh karena itu balita sering tidak mau tidur bahkan masih bermain – main padahal sudah malam. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa anak yang susah tidur permasalahannya dari orang tua yang tidak konsisten.

Agar anak menjadi disiplin dengan waktu tidurnya, bunda haru konsisten dan teratur. Cara membuat anak cepat tidur sebenarnya tidak susah hanya saja perlu mendapatkan informasi yang tepat. Untuk itu kami berbagi cara agar anak cepat tidur yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dan pelajari di rumah.

Cara tepat membuat anak cepat tidur

1. Waktu Tidur yang Konsisten
Aturlah jadwal waktu tidur yang terkontrol pada anak setiap harinya. Balita masih membutuhkan tidur yang cukup, jika Anda membuat jadwal tidur siang selama dua jam dari pukul 1.00 dan tidur malam pukul 8.00, pastikan anak harus tidur tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan agar dia disiplin. Dimanapun ia berada harus selalu disiplin dengan waktu tidurnya agar dia terbiasa.

2. Tidak Makan Sebelum Tidur
Menurut sebuah studi kebanyakan makan membuat anak terganggu tidurnya. Ibu sebaiknya tidak membiasakan anak makan sebelum tidur karena ini bukanlah cara agar cepat tidur pada anak yang tepat.

3. Persiapan Sebelum Tidur
Ajak anak untuk mengganti bajunya, membersihkan dirinya dan pipis sebelum tidur agar nantinya ia tidak terbangun di malam hari hanya karena ingin buang air kecil sehingga nanti akan sulit untuk tidur lagi.

4. Hindari Aktivitas yang Membuat Anak Aktif

Kegiatan sebelum tidur sebaiknya jauh dari gerakan melompat, berlari atau gerakan besar lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat ‘membangunkan’ tubuh, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur. Selain itu, hindari juga aktivitas yang membuat anak waspada, seperti menonton televisi, main video games. Lebih baik bacakan buku cerita, selain menenangkan juga membuat anak mengenal kosa kata baru. Bacakan buku cerita dengan suara yang pelan, agar suasana hening tetap tercipta.

5. Berikan Sentuhan Lembut

Sentuhan atau pijatan lembut sebelum tidur merupakan salah satu cara menciptakan kondisi yang dapat membuat balita mengantuk. Sentuhan dan pijatan terbukti dapat membuat anak merasa nyaman. Mulai dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan dan kepala. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih ya sebelum memijat anak Anda.

6. Bekali Minuman Pembuat Relaks

Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh anak berada dalam posisi relaks, yang merupakan efek kandungan tryptophan dalam susu. Minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh anak menjadi lebih nyaman untuk tidur. Hindari memberikan minuman mengandung kafein sebelum ia tidur, yang dapat memosisikan jantung siap untuk bekerja. Bukannya tidur, ia malah akan terus terjaga.

7. Suasana yang Nyaman
Salah satu cara agar anak cepat tidur yang tepat yaitu dengan mengkondisikan dalam keadaan nyaman. Jauhkan anak dari suara kebisingan, ganti lampu tidurnya, berikan selimut yang hangat dan tutup jendela kamar. Saat anak sudah nyaman maka ia akan cepat untuk tertidur pulas.

8. Buat Agar Anak Tidak Takut

Pengaruh tayangan atau bacaan seram bisa membuat anak enggan tidur karena takut bertemu hantu atau monster imajinasinya. Karena itu, selain membiasakan anak untuk berdoa sebelum tidur, Anda bisa menaruh benda seperti boneka kesayangan atau senter di dekatnya untuk memberikan rasa aman, sehingga anak jadi lebih mudah untuk tidur.

9. Sepakat
Ini juga merupakan kunci sukses agar anak cepat tidur. Buatlah peraturan yang harus disepakati, Anda dan anak harus kompak dan jangan sampai menunda waktu tidurnya hanya karena mengajaknya pergi.

 Cara agar anak cepat tidur di atas tidak susah bukan jika Anda melakukannya dengan disiplin. Anda juga dapat menambahkan kecupan manis di keningnya ketika akan tidur agar anak merasa lebih nyaman. Baca juga : 5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Dilarang Mengkonsumsi Mie Instan

author
No Response

Leave a reply "Lakukan 9 Langkah Ini Agar Anak Cepat Tidur"