8 Langkah Cepat Merawat Perut Kembung si Kecil

bayi perut kembung

Perut kembung yang dialami di Kecil sering membuat panik Ibu. Bagaimana tidak? Ibu yang selalu dekat dengan si Kecil paling tahu apa yang dialami oleh si Kecil. Si Kecil yang perutnya kembung benar-benar rewel. Mungkin juga Ibu bingung dengan apa yang harus dilakukannya untuk mengatasi perut kembung si Kecil. Nah, Ibu perlu 8 langkah cepat dan tepat cara perawatan bayi yang perut kembung seperti berikut ini.

  1. Air Hangat

Ketika perut bayi kembung, Ibu dapat meletakkan kain hangat di atas perutnya untuk. Selain itu, Ibu juga bisa menggunakan air hangat untuk mandi si Kecil. Dokter anak di Austin, Ari Brown mengatakan bahwa memandikan si Kecil dengan air hangat dapat meredakan ketidaknyamanan. Perawatan bayi ini tergolong sangat mudah dan cepat.

2. Tepukan Lembut

Pada bayi sehat usia di bawah 6 bulan, pemberian ASI merupakan nutrisi utama sehingga si Kecil lebih sering mengonsumsi susu. Ibu perlu menepuk bagian punggung si kecil dengan lembut sambil menggendongnya. Ibu bisa melakukan ini selama satu atau dua menit sampai bayi bersendawa. Perut kembung si kecil dipastikan teratasi apabila dia sudah bersendawa. Perawatan bayi ini mudah sekali karena Ibu pasti setiap saat menggendong si Kecil.

3. Menggosok bagian perut

Untuk mengatasi perut bayi yang kembung, Ibu dapat menggosok perut bayi dengan lembut. Ibu dapat menggunakan minyak telon untuk memberikan kehangatan di bagian tubuhnya. Perawatan bayi ini juga dapat mengatasi perut kembung pada anak-anak.

4. Susu formula

Ibu perlu mewaspadai susu formula yang dapat membuat beberapa perut bayi kembung. Ibu harus mengamati apakah si Kecil tersayang kembung perutnya setelah minum susu formula. Apabila hal tersebut terjadi, Ibu perlu menghindari susu formula agar si Kecil tidak kembung perutnya.

5. Latihan Bayi

Ibu perlu memberikan latihan bayi. Salah satu latihan yang dapat diterapkan dengan memegang kakinya, kemudian bergerak perlahan-lahan. Langkah ini dapat meningkatkan gerakan usus dan mempermudah bayi untuk membuang gas. Perawatan bayi ini dapat dilakukan setiap saat sambil menonton televisi misalnya.

6. Bayi Aktif

Ibu dapat mengisi waktu dengan si Kecil tersayang untuk bermain. Ibu perlu melibatkan si Kecil dalam kegiatan yang menyenangkan untuk membantu si kecil mengeluarkan gas di dalam perutnya. Gerakan tubuh yang aktif dapat membantu bayi untuk mengeluarkan gas melalui sendawa. Perawatan bayi ini bisa dilakukan setiap saat.

7. Tengkurap

Pada saat posisi bayi tengkurap, memijat bayi dengan menekan lembut telapak kaki dan kaki bayi, seolah-olah bayi sedang mengendarai sepeda. Hal ini dapat membantu si kecil untuk melepaskan gas dan bersendawa. Perawatan bayi ini perlu dilakukan secara pelan-pelan agar si kecil tetap merasa nyaman.

8. Bumbu Dapur

Perawatan bayi ini tergolong sangat mudah dan murah. Caranya, ambil 3 biji bawang merah, potong-potong menjadi 3 bagian, oleskan minyak kayu putih pada perut bayi dengan merata lalu gosokkan dengan lembut potongan bawang merah ke perut bayi. Lakukan hal ini juga di area punggung si Kecil.

Nah, Ibu tidak bingung lagi kan cara memberikan perawatan bayi yang perutnya kembung. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "8 Langkah Cepat Merawat Perut Kembung si Kecil"