Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan & Cara Mengatasinya

mengatasi rambut rontok – Saat melewati proses melahirkan, sering kali seorang ibu mengalami kerontokan pada rambut. Hal ini mungkin membuat para ibu khawatir akan kondisi kecantikan rambutnya, karena memang rambut adalah mahkota bagi wanita, jika kondisi rambut itu tidak baik apalagi rontok, maka itu akan membuat penampilan seorang wanita menjadi kurang anggun. Mungkin sebagian dari Anda bertanya, rambut rontok setelah melahirkan wajarkah?

Nah bagi anda wanita yang belum melahirkan atau yang sedang hamil jangan khawatir, karena hal itu adalah hal yang lumrah terjadi. Pada dasarnya sekitar 90 % rambut akan tumbuh setiap saat dan 10 % rambut akan memasuki tahap istirahat atau berhenti sementara untuk tumbuh. Sehingga biasanya pada periode 2-3 bulan rambut itu akan rontok dan setelah itu akan tumbuh kembali dengan rambut yang baru.

Nah berkaitan dengan rambut rontok yang terjadi setelah melahirkan, periode rambut tahap istirahat akan meningkat setelah proses persalinan. Itulah mengapa banyak orang mengatakan setelah melahirkan rambut rontok parah. Padahal sebenarnya fase rambut istrahat pada saat persalinan hanya meningkat beberapa persen. Sebenarnya apakah yang menyebabkan rambut itu rontok?

Rambut akan rontok karena adanya hormon estrogen yang meningkat selama proses kehamilan. Yang terjadi adalah rambut akan menjadi lebih tebal pada saat hamil, namun akan mengalami kerontokan setelah proses persalinan, setelah beberapa lama pasca melahirkan maka pertumbuhan rambut anda akan normal kembali.

Pada saat fase kerontokan ada cara-cara untuk mengatasinya agar kerontokannya tidak menjadi terlalu parah. Kami akan membagikan tips bagi anda untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Mau tahu caranya atasi rambut rontok setelah melahirkan? Yuk langsung simak saja ulasannya berikut ini!

Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

  1. Untuk mengatasi rambut rontok sebaiknya Anda melakukannya dengan cara yang alami dan menggunakan bahan-bahan yang alami juga.
  • Tips yang pertama anda cukup sediakan lidah buaya sebagai pengganti untuk shampoo, Lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi cukup gunakan daging lidah buaya yang sudah terkupas dan gosokkan dengan lebut pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan dalam beberapa saat lalu bilas dengan air. Lakukan ini dengan rutin dan teratur sekitar 2 atau 3 hari sekali.
    Aloe

    Aloe Vera

    baca juga –> Manfaat Super Lidah Buaya, Sering Diabaikan Padahal Menyehatkan!
  • Selain lidah buaya anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai pengganti shampoo, caranya mudah. Cukup siapkan 1 buah alpukat dan tumbuk daging alpukat itu sampai halus dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bilas.avocadoforweb1

  • Anda juga bisa mengganti shampoo dengan bahan yang lain selain dari 2 bahan di atas, yaitu menggunakan campuran telur ayam dan jeruk lemon. Caranya ambil perasan 1 jeruk lemon dan campurkan dengan 1 telur ayam, aduk hingga rata dan oleskan pada rambut dan kepala. Diamkan beberapa menit saja lalu bilas dengan air hingga bersiheggs

  1. Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut seperti kacang hijau, selain enak anda juga bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut anda. Olah kacang hijau tersebut sesuai dengan selera anda, yang penting anda dapat menikmati olahan kacang hijau tersebut dan konsumsi secara rutin.
  2. Cara yang ketiga adalah dengan mengubah model rambut Anda menjadi lebih pendek. Dengan model rambut pendek akan mengurangi rambut yang rontok, juga lebih menghemat waktu dalam hal perawatan. Lebih praktis dan tidak membuat Anda khawatir dengan banyaknya helaian rambut yang rontok bukan?

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, karena cara-cara tersebut adalah cara yang alami, maka anda harus sabar dan melakukannya dengan rutin dan teratur, sampai anda bisa merasakan hasilnya. Jika dalam waktu normal sekitar 6-12 bulan rambut anda dapat tumbuh kembali setela melahirkan, maka jika anda melakukan tips di atas, rambut anda akan pulih dari kerontokan lebih cepat dari waktu yang biasanya.

Kini anda tidak perlu khawatir lagi akan rambut rontok setelah proses melahirkan. Anda sudah mengetahui penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan cara-cara untuk mengatasinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga :

 4 Masker Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat & Bekas Jerawat
Timun, Sahabat Terbaik Bagi Kecantikan Kulit!
Menjadi Cantik Dengan Putih Telur, Bagaimana Bisa? Yuk Lihat di Sini!
8 Cara Alami & Ampuh Menghitamkan Rambut Beruban di Usia Dini
author
No Response

Leave a reply "Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan & Cara Mengatasinya"