Anak Mogok Makan? Yuk, Lakukan Ini

No comment 702 views

anak susah makan

Orang tua mana sih yang tidak bingung ketika anak susah makan? Hal ini menjadi satu keluhan dari banyak orang tua ketika melihat si Kecil menutup mulut rapat-rapat saat terhidang makanan di depannya. Berbagai cara dilakukan orang tua misalnya dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan hingga memberinya obat cacing.

Namun, sebelum memberikan tindakan lebih jauh, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Bisa saja si Kecil enggan makan lantaran dia bosan dengan menu yang itu-itu saja. Yuk, atasi anak susah makan dengan cara jitu berikut ini:

  • Variasi Menu

Sama halnya dengan orang dewasa, si Kecil juga tidak suka jika menu makannya kurang bervariasi. Ia tentu menginginkan menu lain meskipun dari bahan dasar yang sama. Cobalah untuk mencari resep baru dari internet atau majalah makanan untuk mencari ide masakan baru.

  • Menu Baru Porsi Kecil

Untuk menghindari rasa bosan, sajikan kreasi masakan baru dengan porsi kecil terlebih dahulu. Jika ia terlihat antusias dengan menu barunya tersebut, cobalah untuk mengkreasikan bahan makanan tersebut menjadi sajian yang lain. Menyajikan dalam porsi kecil ini juga untuk mendeteksi dini risiko alergi terhadap bahan makanan tertentu. Lihatlah dalam kurun waktu hingg 4 hari, apakah tubuh si Kecil cukup aman untuk menu barunya tersebut?

  • Mengalihkan Perhatian

Beberapa anak mudah dibujuk untuk menghabiskan makannya ketika perhatian terfokus pada tayang TV. Ada juga yang melahap habis makannya ketika makan sambil bermain. Mungkin Anda juga sering melihat orang tua yang merendam anaknya di bak mandi kecil sambil menyuapinya. Ada pula yang menyukai makan sambil berjalan-jalan sekitar kompleks. Manfaatkanlah cara-cara ini untuk membujuk si Kecil menghabiskan kudapannya.

  • Orang Tua Mencontohkan

Anak-anak tentu memiliki kepercayaan penuh kepada orang tua yang dengan tulus mencintainya. Jika ia melihat Anda begitu menikmati sajian di meja makan, ajaklah si Kecil untuk duduk berdampingan. Biarkan ia melihat cara makan orang tuanya sehingga tak lama kemudian si Kecil akan tergiur untuk makan juga.

Nah, cara tersebut bisa menjadi cara alami untuk mengatasi anak susah makan. Jika langkah tersebut tak berhasil, barulah belikan suplemen penambah nafsu makan atau konsultasi dengan dokter. Anda juga bisa mengajak kawan sebayanya untuk makan bersama-sama. Jangan biarkan si Kecil enggan makan terlalu lama, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Anak Mogok Makan? Yuk, Lakukan Ini"