Anak Susah Makan? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini

anak susah makan

Bun, apakah pernah menghadapi masalah anak susah makan? Masalah tersebut memang banyak dikeluhkan para orang tua karena mengkhawatirkan perkembangan si Kecil menjadi terhambat. Yah, asupan nutrisi balita yang tidak terpenuhi dengan baik bisa mengancam tumbuh kembang buah hati tersayang lho! Sebagai orang tua, jangan sampai membiarkan si Kecil susah makan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu, Anda perlu menyimak trik jitu hadapi anak susah makan berikut ini:

  • Memvariasikan Menu Makanan

Sajian kudapan yang bervariasi memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan selera makan si Kecil. Sebab, jika menu makanannya setiap hari selalu sama, tentu membuat anak kurang berselera makan dan bosan. Kreasikan makanan favoritnya menjadi kudapan enak dan lezat agar si Kecil untuk membangkitkan gairah makannya.

  • Mengubah Tampilan Hidangan Makanan

Biasanya, si Kecil paling tertarik dengan hal-hal yang memiliki warna cerah, lucu, dan menyerupai tokoh kartun idolanya. Manfaatkan hal-hal tersebut untuk membangkitkan selera makannya dengan mengubah kudapannya menjadi bentuk unik. Dengan begitu, si Kecil semakin tertarik untuk menghabiskan porsi makannya yang tersaji di meja makan.

  • Mengatur Porsi Makan

Membiarkan si Kecil mengonsumsi makanan favoritnya secara berlebihan bisa menjadi pemicu awal anak susah makan. Sebab, jumlah yang melebihi takaran tersebut akan menyebabkan si Kecil kenyang dalam jangka waktu lama. Akibatnya, anak enggan makan dalam waktu berikutnya. Aturlah porsiĀ  makan si Kecil dengan tepat sesuai dengan usianya saat ini.

  • Memberikan Kebebasan Durasi Makan

Saat menghadapi anak susah makan, jangan memberikan durasi waktu khusus untuk menghabiskan kudapannya. Jika Anda memaksanya untuk menghabiskan dalam jangka waktu yang cukup cepat, maka akan menyebabkan si Kecil makin tidak berselera makan. Biarkan si Kecil menikmati santapannya agar ia bisa merasakan kelezatan hidangan yang Anda sajikan.

  • Menemani Buah Hati Saat Makan

Saat si Kecil kurang nafsu makan, jangan biarkan ia menikmati hidangannya sendiri di meja makan. Sebaiknya, Anda selalu menemani si Kecil yang sedang menikamti kudapan sehat yang tersedia di hadapannya. Momen makan bersama keluarga juga bisa membangkitkan gairah makan si Kecil.

Mudah kan, mengatasi anak susah makan? Anda bisa menambahkan suplemen penambah nafsu makan untuk memulihkan seleranya. Jika masalah ini telah berlangsung cukup lama, sebaiknya segeralah memeriksakan si Kecil ke dokter anak agar cepat terobati. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "Anak Susah Makan? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini"