Aneka Makanan Bergizi Modal Kulit Sehat Buah Hati

gizi balita

Bagaimana ya cara mendapatkan kulit balita yang sehat? Kulit yang sehat ditandai dengan kondisi kulit yang bersih, halus, dan bersinar. Nah, kulis sehat balita ini dapat diupayakan melalui pemerolehan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi balita seimbang.

Bingung makanan apa saja yang dapat menyehatkan kulit balita? Anda tak perlu khawatir, ada banyak makanan di sekeliling Anda yang tak disadari memiliki sejuta kebaikan serta manfaat untuk kesegaran kulit balita. Tak hanya baik untuk kulit, makanan-makanan ini tentunya mengandung banyak gizi balita yang diperlukan untuk pertumbuhannya lho! Nah, apa sajakah itu? Nih, info lengkapnya:

  1. Ikan salmon, sarden, tuna, biji kenari, dan minyak biji bunga matahari

Berbagai makanan di atas memiliki kandungan asam lemak esensial tubuh yang tinggi. Kandungan omega 3 dalam makanan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan balita terutama untuk melindungi membran sel kulit. Membran sel yang terjaga kuat akan memungkinkan sel-sel yang ada di dalamnya untuk mempertahankan kelembapan dan mneghindarkan dari iritasi yang bisa menyebakan kulit kering.

  1. Daging, organ daging (hati, jantung), telur, dan sayuran hijau

Beberapa makanan di atas memiliki banyak gizi balita yang penting, salah satunya adalah zat besi. Zat besi ini diperlukan untuk membantu produksi serat elastin dan pembentukan kolagen pada kulit. Untuk memperlancar proses pertumbuhan dan pemeliharaan kulit, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi tersebut dalam menu santap harian buah hati.

  1. Wortel, hati, ubi jalar, dan brokoli

Makanan tersebut merupakan beberapa yang terbukti mengandung vitamin A (karetenoid). Vitamin A ini penting untuk kesehatan balita termasuk di antaranya untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel kulit. Kecukupan vitamin A ini dapat meningkatkan proses regenerasi kulit. Jika sampai kekurangan vitamin yang juga baik untuk kesehatan mata ini, maka kulit mudah kering dan mengelupas.

  1. Tomat, mangga, jeruk, pepaya, dan jambu biji

Beberapa jenis buah-buahan tersebut diperkaya oleh vitamin C yang baik untuk kesehatan balita termasuk kulitnya. Vitamin C ini adalah antioksidan yang sangat efektif. Aktioksidan alami dalam buah-buahan tersebut mampu menetralisir dan menyeimbangkan molekul-molekul yang bisa merusak kulit. Dengan kata lain, antioksidan ini merupakan benteng untuk melindungi sel-sel dalam kulit.

  1. Air putih dan jus buah atau sayuran

Air dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Selain itu, air juga berfungsi sebagai pengangkut nutrisi dalam tubuh serta membantu proses pengeluaran keringat. Minum air putih atau jus yang mengandung banyak air tentu akan menyegarkan dan membantu aktivitas dalam kulit.

Itulah beberapa jenis ‘makanan kulit’ yang tak hanya mengandung gizi balita tetapi juga mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Ibu cerdas tentunya tak akan banyak menunda waktu untuk memberikan makanan terbaik bagi buah hatinya. Betul demikian?

author
No Response

Leave a reply "Aneka Makanan Bergizi Modal Kulit Sehat Buah Hati"