Angkat Beban, Olahraga Aman Untuk Ibu Hamil

angkat beban

Halo Bu, apakah Anda sudah rutin berolahraga selama hamil? Sebagai seorang wanita hamil,kesehatan diri dan perkembangan janin menjadi prioritas utama. Untuk menjaganya, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi menjadi satu keharusan.

Lantas, olahraga apa yang cocok untuk ibu hamil? Tahukah Anda, jika angkat beban itu menjadi olahraga yang baik dilakukan oleh seorang wanita hamil. Namun, semuanya harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Yuk, coba latihan angkat bebab\n yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Lakukan pemanasan selama 10-15 menit sebelum olahraga. Biasakan melakukan warming up, untuk menghindari cedera saat melakukan olahraga.
  • Siapkan dumbell yang berukuran 0,5 kg.
  • Angkatlah menggunkana tangan kanan terlebih dahulu dan perlahan-lahan.
  • Lakukan gerakan mengangkat dan menurunkan selama saru set. (1 set sama dengan 8-10 kali)
  • Lakukan kegiatan tersebut dengan tangan kiri.
  • Selama melakukan latihan, lakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

Mudah kan,  melakukan gerakan angkat beban selama hamil? Pastikan Anda sarapan terlebih dahulu agar badan tetap fit sebelum atau usai melakukan olahraga. Angkat beban memiliki banyak manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Meski cukup melelahkan,  lakukan olahraga ini dengan sabar dan telaten.

Sebelum angkat beban, minumlah segelas air terlebih dahulu dan lakukan hal yang sama usai melakukan olahraga. Hal ini tentu sangat berguna untuk menjaga stamina wanita hamil. Pastikan, Anda tidak dehidrasi agar kesehatan janin tetap terpelihara dengan baik.

Jika Anda merasa kelelahan, jangan memaksakan diri untuk terus berolahraga. Jangan memaksa diri untuk agar tidak membahayakan janin dan kesehatan ibu. Bagaimana pun juga, keselamatan janin tetap harus diperhatikan sehingga memerlukan olahraga yang aman untuk wanita hamil. Di samping itu, pastikan jika olahraga tersebut akan berdampak positif untuk tubuh.

Banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil, seperti jalan, jogging, dan berenang. Anda juga bisa ikut ke kelas senam hamil yang banyak di sanggar senam. Memang, ibu hamil harus banyak berolahraga agar tubuh tetap fit dan berstamina untuk menghadapi persalinan.

Wanita hamil yang suka berolahraga, tubuhnya akan jauh lebih sehat dan tidak gampang lelah. Usia kehamilan yang makin tua ini juga bisa dilewati dengan mudah dan bersemangat. Olahraga juga bisa memperlancar jalannya persalinan lho! Ayo Bun, jangan perbanyak aktivitas yang menyenangkan, ya!

author
No Response

Leave a reply "Angkat Beban, Olahraga Aman Untuk Ibu Hamil"