Apa Sih Pentingnya Imunisasi Pra-Nikah?

BibleMarriageGettyImages-157585166-589393295f9b5874ee011e92

Pernikahan hingga saat ini merupakan hal yang menjadi impian bagi kebanyakan orang. Dikatakan sebagai salah satu simbol dari kelengkapan hidup, banyak orang yang menyambut hari pernikahan mereka dengan merencanakan perayaan besar-besaran dengan mengundang keluarga besar dan teman-teman. Dan ternyata, selain mempersiapkan berbagai macam berkas-berkas pernikahan dan persiapan pesta, Anda dan pasangan juga perlu membekali masing-masing dengan vaksinasi pra-nikah. Apa sih pentingnya imunisasi pra-nikah ini?
Apa sih pentingnya imunisasi pra-nikah? Penting banget, ladies. Kelengkapan imunisasi pernikahan ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan pasangan sekaligus juga untuk menjamin kesehatan kehamilan dan keselamatan ibu dan anak saat proses persalinan kelak. Berikut adalah jenis-jenis vaksinasi yang harus Anda lengkapi sebelum Anda menikah.
• Vaksinasi Tetanus Toxoid
Vaksinasi Tetanus Toxoid, atau yang kerap disingkat dengan sebutan vaksinasi TT ini merupakan vaksinasi yang akan membantu membentuk kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab infeksi Tetanus yang disebut bakteri Clostridium Tetani.

Vaksinasi ini diberikan secara bertahap dengan total 5 kali imunisasi. Perlindungan dari vaksinasi ini berlaku selama seumur hidup. Vaksinasi ini akan sangat membantu membentengi tubuh Anda dan membantu mencegah infeksi tetanus pada bayi jika Anda berencana untuk memiliki anak.
• Vaksinasi HPV (Human Papiloma Virus)
Virus HPV merupakan jenis virus yang bertanggung jawab terhadap munculnya virus yang mengakibatkan kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita serta penyakit kutil kelamin pada pria. Virus ini dapat menular dengan mudah melalui hubungan seksual. Dan resiko terkena penyakit ini akan semakin besar jika Anda memiliki kehidupan seks dengan berganti-ganti pasangan.

Saat ini terdapat 130 tipe HPV yang berhasil teridentifikasi dengan 12 tipe virus yang berpotensi menjadi ganas dan berakibat fatal. Penderita penyakit kelamin ini pada umumnya berusia sekitar 20-24 tahun untuk wanita dan pria berusia 25-29 tahun.

Virus HPV ini akan diberikan secara bertahap, yaitu sebanyak 3 kali. Untuk mendapatkan vaksinasi ini Anda dapat menghubungi dokter kandungan maupun di klink yang khusus menyediakan layanan vaksinasi.
• Vaksin MMR (Mumps – Measles – Rubella)
Vaksin ini wajib didapatkan bagi Anda yang memang memiliki rencana untuk mendapatkan momongan. Mumps, atau penyakit gondok memiliki potensi untuk menyebabkan masalah infertilitas, sedangkan cacar air (measles) dan rubella dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan yang dapat mengancam hidup janin. Vaksin MMR hanya perlu dilakukan sebanyak 1 kali.
Jadi, sudah tahu jawaban dari pertanyaan, “apa sih pentingnya imunisasi pra-nikah?”, kan?

author
No Response

Leave a reply "Apa Sih Pentingnya Imunisasi Pra-Nikah?"