Apakah Si Kecil Cukup Tidur?

No comment 936 views

bayi tidur

Hai Ibu yang cerdas! Benar tidak, suatu kebahagiaan yang luar biasa bagi Ibu apabila dapat menghabiskan banyak waktu bersama bayi sehat tercinta. Wah, bisa memandikan si Kecil, menyuapi, mengajaknya bermain, serta dapat tidur bersama adalah suatu kebahagiaan yang tidak terbayarkan. Bicara soal tidur, pernah tidak si Kecil di rumah tidak bisa tidur pulas? Bahkan, tidurnya tidak terlalu lama? Yuk, kita bahas tidur berkualitas untuk bayi sehat tersayang.

Tidur untuk bayi sehat membutuhkan waktu lebih banyak daripada orang dewasa. Selama periode waktu 24 jam, rata-rata bayi baru lahir tidur selama 16 jam. Pada usia bayi 3 bulan, membutuhkan waktu tidur sekitar 15 jam. Yah, Ibu perlu bertanya nih, apakah si Kecil sudah tidur sesuai dengan waktu yang dibutuhkan belum?

Tidur bayi sehat tidak bisa berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Pada mulanya, si Kecil akan tidur dan tidak lama kemudian akan terbangun lagi. Siklus tidur-bangun ini memang sudah wajar terjadi pada si Kecil. Siklus tidur bangun juga berlaku pada malam hari. Jadi, Ibu jangan gelisah kalau si Kecil sering terbangun sesaat, kemudian tidur lagi.

Panjang siklus tidur bayi sehat sangat tergantung pada kondisinya. Si Kecil bisa saja tidur selama 2 jam saat siang hari serta sore hari, dan empat sampai enam jam di malam hari. Pola tidur yang berlaku di keluarga, dapat membantu si Kecil mengembangkan kebiasaan tidur yang baik. Kebiasaan tidur yang baik akan membantu si Kecil mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Kualitas tidur akan sangat mempengaruhi perkembangan bayi sehat Ibu di rumah. Bagaimana tidak? Jika kualitas tidur si Kecil sangat buruk, maka daya tahan tubuhnya bisa berkurang. Hal ini menyebabkan hormon-hormon pertumbuhan akan bekerja secara maksimal dan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak apabila si Kecil mendapatkan tidur yang berkualitas atau Non Rapid Eye Movement (Non-REM).

Bu, memberikan yang terbaik untuk si Kecil bukan harus dengan barang yang mewah atau mahal. Tetapi dengan membantu bayi sehat Ibu di rumah mendapatkan tidur berkualitasnya bisa menjadi sesuatu yang berharga. Kalau si Kecil dapat tidur dengan pulas, tentu ia akan semangat dalam beraktivitas kan, Bu.


 

author
No Response

Leave a reply "Apakah Si Kecil Cukup Tidur?"