ASI Tidak Lancar? Yuk, Lakukan Cara Ini

No comment 782 views

ASI lancar

ASI Lancar – Sebagai seorang ibu, tentu menyimpan kesedihan sendiri jika melihat si Kecil menangis lapar. Sedangkan ASI tak terproduksi dengan baik sehingga buah hati tersayang mudah lapar. Lantas, bagaiman caranya membuat produksi ASI lancar? Yuk, lakukan cara mudah berikut ini agar si Kecil tak lagi menangis karena tak cukup ASI:

  • Membersihkan Puting dan Memijatnya

Saat sudah memasuki usia trisemester ketiga, sering-seringlah untuk membersihkan puting susu dan memijatnya dengan lembut agar jalan ASI bisa lancar. Caranya, oleskan baby oil pada puting susu sebelum mandi, kemudian lakukan gerakan memilin secara perlahan. Hal ini bisa diterapkan seminggu 3 kali untuk hasil lebih optimal.

  • Rutin Menyusui Setiap 2-3 Jam

Bayi yang baru lahir membutuhkan ASI setiap 2-3 jam sekali dan tidak peduli siang hari atau malam. Produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand yaitu sesuai dengan kebutuhan bayi saat itu. Jika Anda rutin menyusuinya setiap waktu yang seharusnya, maka produksi ASI akan lancar. Namun, apabila jarang menyusui, produksi ASI akan berkurang dan lama-lama akan berhenti.

  • Memompa ASI

Cara ini terbilang sangat efektif karena bisa memperbanyak ASI. Anda perlu tahu bagaimana posisi yang tepat untuk menyusui si Kecil. Sebab, jika posisi menyusui salah dapat menyebabkan produksi ASI tidak maksimal dan tidak lancar.

  • Skin to Skin Contact

Saat menyusui, cobalah untuk membuka baju bagian dada Anda. Bukalah bajunya si Kecil agar kulitnya dengan kulit Anda bisa menempel untuk menciptakan kontak langsung. Hal ini juga terbilang sangat baik untuk merangsang produksi ASI agar keluar lebih banyak. Banyak negara saat ini mulai mendemonstrasikan manfaat skin to skin contact untuk menstimulasi produksi ASI.

  • Mengompres Payudara

Jika payudara terlalu keras, si Kecil tak bisa menghisapnya dengan baik. Untuk itu, kompreslah dengan menggunakan handuk hangat selama beberapa menit, maka tidak lama kemudian payudara akan melunak. Dengan begitu, ASI bisa keluar dengan lancar dan si Kecil bisa kenyang.

  • Memilih KB yang Tepat Saat Menyusui

Pilihlah KB yang tidak akan mempengaruhi hormon menyusui sehingga produksi ASI tetap lancar. Anda juga bisa menggunakan KB alami sekam menyusui ini dengan mengenakan kondom atau KB kalender.

Mudah kan, cara membuat ASI lancar? Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang bisa melancarkan ASI seperti daun mulberry, daun katuk, dan pare. Gunakanlah bahan alami ini ya, Bun!

 

author
No Response

Leave a reply "ASI Tidak Lancar? Yuk, Lakukan Cara Ini"