Awas! Bahaya Ibu Menyusui Tetap Merokok

Awas! Bahaya Ibu Menyusui Tetap Merokok

Deskripsi: Merokok saat hamil memang sangat berbahaya, tapi apa efek rokok bagi ibu yang menyusui dan bayinya? Simak deh infonya berikut

Tidak ada hal baik yang datang dari merokok. Sudah sangat banyak penelitian yang menyebutkan bahwa merokok bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, mulai dari kanker, dan bahkan mengakibatkan kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Dan bagi para ibu hamil pun dilarang keras untuk merokok karena dapat mengakibatkan komplikasi pada janin. Tapi, yang namanya sudah kecanduan pasti bakal susah berhenti. Ada cukup banyak ibu yang merokok setelah ia melahirkan. Pertanyaannya, adakah bahaya ibu menyusui tetap merokok?

Kebanyakan ibu menyusui menjadi ragu-ragu untuk menyusui anaknya, dikarenakan mereka khawatir bahwa nikotin yang ada di dalam tubuh turut tercampur ke dalam ASI. Sehingga mereka lebih memilih untuk memberikan susu formula pada anak mereka. Ternyata ada fakta menarik bahwa bahaya ibu menyusui tetap merokok bisa jadi tidak seburuk yang dibayangkan. Apa alasannya?

Karena ternyata beberapa penelitian menunjukkan bahwa komponen cairan ASI memberikan proteksi untuk meredam efek buruk nikotin. Kesimpulan itu didukung dengan ditemukannya indikasi bahwa bayi yang menerima ASI dari seorang ibu perokok ternyata justru lebih kebal terhadap serangan penyakit pernapasan dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula. Dan berkat hasil penelitian yang mengejutkan itu, para ahli kesehatan sepakat untuk menyingkirkan rokok dari dalam daftar bahan yang berbahaya untuk ibu menyusui.

Tapi bukan lantas oke-oke saja bagi Bunda yang sedang menyusui untuk meneruskan kebiasaan merokok. Karena jika dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak merokok, kuantitas produksi ASI Anda jauh lebih sedikit lho. Kualitas dari ASI Anda pun turut menurun, padahal Anda tentu ingin memberi yang terbaik untuk si kecil kan?  Semakin sering Anda merokok lebih dari 10 batang per-hari, maka akan semakin menurun pula kualitas dan jumlah ASI yang bisa Anda berikan.

Tidak sampai 10 per-batang sehari tapi masih ada di atas angka 5? Bayi Anda bisa jadi menunjukkan gejala-gejala seperti terus-menerus menangis, atau bahkan kolik. Selain itu, kandungan nikotin tidak hanya dapat mengakibatkan insomnia pada orang dewasa saja. Bayi yang menyusui pada ibu yang merokok segera sebelum menyusui memilki pola tidur yang kacau, dan juga jadi lebih gampang terjaga.

Dan bagaimana tentang bahaya ibu menyusui tetap merokok dalam jangka panjang? Sampai sekarang, berbagai penelitian masih dilakukan untuk menyelidiki ada tidaknya dampak jangka panjang dari bayi yang mendapatkan ASI yang sudah terkontaminasi nikotin. Tapi apakah keinginan untuk hidup lama dan mendampingi anak hingga dewasa tidak cukup jadi motivasi untuk berhenti merokok?

author
No Response

Leave a reply "Awas! Bahaya Ibu Menyusui Tetap Merokok"