Awas! Ini Jenis Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Jenis Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Menjaga penampilan tentunya menjadi hal yang sangat penting dan sangat diperhatikan oleh setiap wanita, bahkan di saat mereka sedang menjalani masa kehamilan.  Masa kehamilan tidak bisa diidentikkan dengan kemalasan, iya kan Moms? Akan tetapi, ada banyak sekali ibu hamil yang tidak menyadari bahwa ternyata kosmetik yang mereka kenakan juga dapat memberikan efek buruk pada janin. Sama seperti makanan, bahan kimia dalam beberapa jenis kosmetik dapat terserap ke dalam tubuh dan dapat berefek pada kesehatan janin Anda. Untuk berjaga-jaga, simak jenis kosmetik yang harus dihindari saat hamil berikut ini, yuk.

  • Parfum

Salah satu jenis kosmetik yang harus dihindari saat hamil adalah parfum, atau wewangian. Memang, mungkin Anda merasa bahwa jika Anda keluar tanpa mengenakan parfum hal tersebut secara tidak langsung dapat berefek pada tingkat kepercayaan diri Anda. Akan tetapi, saat masa-masa kehamilan trimester pertama indera penciuman Anda akan menjadi lebih tajam dari biasanya. Bau yang terlalu menyengat secara otomatis dapat membuat Anda mual, sehingga tidak heran jika bau parfum favorit Anda mendadak membuat Anda merasa mual.

Itulah mengapa sebaiknya Anda menghentikan total penggunaan parfum selama Anda hamil. Namun, jika Anda masih merasa bahwa Anda perlu mengenakan parfum pilihlah parfum dengan aroma ringan, menyegarkan dan tidak membuat Anda mual, seperti warna jeruk atau wangi lemon.

  • Pemutih Kulit

Mungkin banyak dari Anda yang saat ini sedang menggunakan krim pemutih untuk memutihkan kulit. Akan tetapi, kami punya kabar buruk bagi Anda yang sedang mengandung, karena ada baiknya untuk menghentikan pengaplikasian kosmetik pemutih kulit dalam bentuk apapun selama Anda hamil.

Alasannya, di dalam tiap produk pemutih kulit terdapat senyawa kimia yang sangat keras dan cukup berbahaya untuk kesehatan janin, yaitu hidrokinon. Hidrokinon merupakan senyawa kimia yang dapat mengakibatkan kanker. Selain itu, beberapa produk kosmetik juga mengandung zat merkuri.

Keracunan merkuri tidak hanya berisiko fatal karena dapat mengakibatkan kerusakan hati dan gagal ginjal pada ibu hamil, tapi juga dapat berakibat fatal pada janin. Kandungan logam polutan ini tidak hanya dapat mengakibatkan kegagalan organ-organ tubuh tetapi juga dapat mengakibatkan bayi terlahir prematur.

  • Obat Jerawat

Munculnya jerawat saat hamil memang sangat mengganggu dan berefek pada rasa kepercayaan diri. Akan tetapi, mengaplikasikan obat jerawat juga berarti membuat risiko kehamilan terkontaminasi zat kimia yang berbahaya untuk kehamilan, yaitu Benzoil Peroxyde semakin besar.

Nah, untuk kehamilan yang selamat hingga persalinan tiba hindari jenis kosmetik yang harus dihindari saat hamil ini ya, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Awas! Ini Jenis Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil"