Ayam Bakar Kalasan, Resep Mudah Menggoyang Lidah

ayam bakar kalasan

Resep olahan ayam- Resep olahan ayam apa yang menjadi andalan keluarga Anda? Ayam memang dapat dan dikreasikan menjadi berbagai menu masakan dan tentunya tetap digemari. Salah satu yang menjadi menu favorit hampir semua orang dan kerap muncul di meja makan adalah ayam goreng ataupun ayam bakar.

Nah, hari ini kita akan mencoba resep olahan ayam bakar yang sudah cukup melegenda, yaitu ayam bakar Kalasan. Ayam bakar Kalasan ini merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara yang merupakan menu andalan Jawa Tengah. Olahan ayam satu ini cukup khas dengan bahan dasar ayam kampung yang diungkep  terlebih dahulu sebelum akhirnya dibakar. Resep ayam bakar ini pun cukup sederhana namun dapat mendatangkan cita rasa yang luar biasa lezatnya. Penasaran? Yuk, intip resepnya:

  1. Bahan

–          Ayam kampung, 1 ekor, potong menjadi beberapa bagian

–          Daun salam, 2 lembar

–          Lengkuas, 2 cm. memarkan

–          Batang serai, 1 buah, memarkan

–          Santan encer, 500 ml

–          Kecap manis, 100 ml

–          Minyak goreng atau minyak sayur, 3 sendok makan

  1. Bumbu

–          Kemiri, 2 buah

–          Bawang merah, 6 butir

–          Bawang putih, 3 siung

–          Ketumbar, jintan, lada putih bubuk, secukupnya

–          Garam secukupnya

  1. Bahan untuk sambal 

–          Cabai merah, 6 buah

–          Terasi, ½ sendok teh

–          Jeruk limau, 2 buah

–          Gula merah, ½ sendok teh

–          Garam secukupnya

Haluskan semua bahan-bahan ini dan kemudian tambahkan perasan air jeruk limau pada sambal yang sudah halus.

  1. Langkah memasak
  1. Cucilah ayam kampung yang sudah dipotongi menjadi beberapa bagian hingga bersih.
  2. Campurkan semua bumbu dan haluskan.
  3. Panaskan wajan di atas kompor dengan api sedang, lalu tuangkan minyak ke atasnya. Setelah itu, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumislah beberapa saat sampai muncul bau harum.
  4. Masukkan daun salam, lengkuas, dan serai dan aduk kembali hingga bahan-bahan tersebut layu.
  5. Setelah itu, masukkan potongan ayam satu persatu ke dalam bumbu yang sudah tercampur rata Aduk kembali pelan-pelan agar bumbu merata dan meresap ke dalam ayam.
  6. Tuangkan santan encer dan tutuplah wajan lalu kecilkan api. Tunggulah sampai beberapa saat hingga daging ayam empuk dan kuahnya menyusut. Jika sudah demikian, matikan api dan angkat ayam ke dalam wadah atau piring.
  7. Langkah selanjutnya adalah membakar ayam yang sudah dilumuri bumbu tersebut. Bakar hingga ayam berwarna kecoklatan dan angkat jika sudah matang. Letakkan dalam piring saji dan jangan lupa menyajikannya dengan lalapan dan sambal limau.

Resep olahan ayam satu ini memang terbilang mudah. Selain itu, cita rasa ayam bakar Kalasan ini juga sedikit berbeda dengan  ayam bakar lainnya karena dilengkapi dengan rempah-rempah khas nusantara yang semakin membuat rasanya terasa istimewa dan menggoyang lidah. Coba di rumah, yuk?

author
No Response

Leave a reply "Ayam Bakar Kalasan, Resep Mudah Menggoyang Lidah"