Ayo, Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan Foto Kolase!

Foto Kolase Bayi

Siapa bilang membuat kerajinan tangan merupakan pekerjaan yang rumit dan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa? Kerajinan tangan seperti foto kolase sangat mudah dilakukan bahkan oleh buah hati Anda. Kolase yang merupakan teknik menempelkan berbagai foto menjadi bentuk tertentu yang indah dan menarik bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan bahan yang mudah didapatkan. Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan kerajinan tangan foto kolase, simak penjelasan berikut ini:

  1. Tentukan tema foto kolase

Anda dan buah hati bisa menentukan tema foto kolase yang menarik dan mudah dikerjakan. Pada umumnya, kerajinan tangan jenis ini berisi kumpulan foto momen menarik yang terjadi sepanjang kehidupan sesorang. Anda bisa membuat kolase menggunakan foto buah hati sejak ia lahir sampai saat ini, atau juga kegiatan-kegiatan yang menjadi hobinya serta foto-foto liburan keluarga yang penuh keceriaan.

  1. Pilih foto yang sesuai

Setelah menentukan tema, pilihlah foto yang sesuai dengan konsep tersebut dan setidaknya gunakan 10 foto untuk hasil kolase yang sempurna. Jumlah foto bisa dikurangi atau ditambah sesuai kreasi dan besarnya hasil kerajinan tangan yang Anda inginkan. Buah hati bisa juga menambahkan gambar tokoh kartun kesukaannya dari majalah atau koran untuk menghias foto kolase agar memiliki sentuhan personal dan membuat si Kecil lebih tertarik.

  1. Tentukan dasar foto kolase

Untuk menempelkan foto menjadi bentuk yang menarik, Anda membutuhkan dasar yang cukup tebal dan kuat, misalnya saja kardus dan tripleks. Kardus sangat cocok digunakan apabila Anda ingin membuat foto kolase dengan bentuk yang rumit seperti bentuk hati, kupu-kupu, ataupun bentuk pohon. Namun jika Anda ingin membuat kerajinan tangan berbentuk kotak untuk selanjutnya dibingkai dan dipasang di dinding, pilihlah tripleks sebagai dasar.

  1. Potong dan tempel foto

Jika Anda dan buah hati sudah menentukan bentuk yang akan dibuat, potong kardus atau tripleks sesuai bentuk tersebut kemudian tempelkan foto sesuai selera. Anda bisa menggunakan lem maupun double-sided tape untuk merekatkan foto pada dasarnya. Foto yang digunakan bisa langsung ditempel begitu saja, bisa juga dipotong hanya pada bagian yang ingin Anda tampilkan. Anda bisa memotong bagian pemandangan pada foto jika hanya ingin menampilkan wajah buah hati yang sedang tersenyum lucu.

  1. Hias foto kolase

Khusus untuk bagian ini, biarkan buah hati yang mengerjakan sepenuhnya dan bebaskan ia untuk menghias foto kolase dengan berbagai pernak-pernik kesukaannya. Aksesori apapun boleh ditambahkan, seperti pita, kertas warna-warni, atau biarkan si Kecil menggambar di sela-sela tempelan foto kolase yang dibuatnya. Jangan khawatir bila hasil akhirnya menjadi kurang rapi karena inti dari kerajinan tangan adalah untuk menyalurkan ekspresi dan kreativitasnya.

Kerajinan tangan seperti foto kolase ini sangat mudah dibuat dan dapat melatih buah hati untuk mengembangkan keterampilannya. Selain itu, foto kolase juga merupakan salah satu cara untuk membingkai kenangan bersama buah hati dan keluarga melalui kerajinan tangan unik buatan sendiri.

No Response

Leave a reply "Ayo, Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan Foto Kolase!"