Ayo, Bikin Burger Lezat untuk Buah Hati!

No comment 1044 views

resep masakan

Sudah pernah coba resep masakan ini di rumah? Membuat burger seenak yang ada di restoran cepat saji ternyata tak sulit, lho! Selain lebih hemat biaya karena seluruh bahan pembuatannya bisa didapat di pasar tradisional, resep masakan ini juga lebih sehat karena daging dan sayur yang digunakan masih dalam keadaan segar.

Sudah tak sabar ingin coba membuat resep masakan yang satu ini? Siapkan dulu bahan yang dibutuhkan seperti berikut ini:

  1. 1 butir bawang bombai yang dicincang halus
  2. 750 g daging sapi giling
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. 150 g bread crumbs atau tepung roti
  5. 1 butir telur, kocok lepas
  6. Garam dan merica secukupnya
  7. Keju rendah lemak lembaran
  8. Daun selada, cuci bersih
  9. Tomat yang diiris tipis
  10. Avokad, iris memanjang
  11. Bawang bombai diiris bentuk cincin
  12. Saus tomat, saus sambal dan mayonnaise secukupnya
  13. Mentega secukupnya
  14. Roti bun secukupnya

Setelah seluruh bahan telah siap, Anda bisa mulai mengolahnya sesuai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Campurkan daging giling, bawang bombai, bawang putih, tepung roti, dan telur kemudian aduk dengan tangan hingga merata.
  2. Tambahkan garam dan merica sesuai selera, aduk lagi hingga benar-benar tercampur. Pastikan garam dan merica yang masuk ke dalam adonan tidak menggumpal.
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran yang sama besar kemudian pipihkan sambil dipadatkan dengan kedua belah tangan.
  4. Panaskan panggangan, olesi dengan minyak dan masak isian burger hingga warnanya berubah kecokelatan. Jika Anda suka, boleh juga dimasak lebih lama hingga terlihat grill mark di kedua sisi isian burger.
  5. Olesi roti bun dengan mentega kemudian panggang hingga berwarna kecokelatan. Setelah itu, susun selada, tomat, dan daging yang telah matang di atasnya.
  6. Berikan keju rendah lemak lembaran di atas daging dan tambahkan irisan avokad, setelah itu beri saus sesuai selera.
  7. Jika seluruh lapisan telah ditata, tangkupkan bagian atas roti bun dan hidangan siap disajikan.

Resep masakan ini dijamin tak kalah lezatnya dengan burger mahal ala restoran terkemuka sehingga buah hati pasti akan suka dan tak lagi merengek untuk pergi ke restoran fast food yang biasa didatangi. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa membuat french fries sendiri namun dengan cara dipanggang sehingga lebih sehat untuk si Kecil.

Caranya mudah, kok! Kupas dan potong kentang menjadi bentuk memanjang, kemudian rendam dalam air es selama 20 menit untuk menghilangkan getahnya. Setelah direndam, keringkan dengan tisu makan hingga seluruh kandungan airnya hilang kemudian masukkan ke dalam kantung plastik dan tuangkan minyak goreng, lalu kocok perlahan. Setelah itu, keluarkan potongan kentang dari dalam kantung plastik, tata di atas loyang dengan rapi agar tak saling menempel satu sama lain dan panggang dalam oven dengan suhu 230° C selama 30 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Resep masakan ini sangat cocok disajikan saat akhir pekan untuk menemani aktivitas bermain buah hati ataupun dijadikan bekal saat si Kecil liburan bersama teman-temanya. Ayo Bu, segera coba resep masakan ini dan lihatlah betapa buah hati tercinta akan menyukainya!

author
No Response

Leave a reply "Ayo, Bikin Burger Lezat untuk Buah Hati!"