Bagaimana Cara Menyapih Anak 2 Tahun dengan Mudah?

menyapih anak

cara menyapih anak – Menyapih anak merupakan salah satu hal yang harus dilakukan ketika si Kecil telah memasuki usia 2 tahun. Sebab, usia ini dianggap bahwa si Kecil telah memiliki kekebalan tubuh yang baik dan tidak lagi rentan dengan beragam penyakit. Meski awalnya sangat menyiksa si Kecil dan ibu, tetapi semua hal ini demi kebaikannya kok!

Lantas, bagaimana cara menyapih si Kecil dengan baik? Banyak orang tua yang tidak tega melihat si Kecil lemas dan payudara ibu juga terasa sakit. Karena alasan itulah, beberapa orang terpaksa memisahkan si Kecil dari ibunya selama beberapa waktu agar ia terbiasa tidak menyusui. Ada pula yang mengolesi puting susu dengan obat merah agar terlihat berdarah sehingga buah hati enggan menyusu.

Ibu perlu tahu, jika penyapihan bukanlah sebuah proses instan yang bisa selesai dalam waktu yang cepat. Meskipun awalnya cukup menyakitkan dan meninggalkan rasa sedih yang mendalam, tetapi hal ini sebagai bukti rasa cinta seorang ibu kepada anak. Dari sinilah, Anda juga membantu untuk menyadarkan si Kecil bahwa usianya telah menginjak 2 tahun yang harus mulai belajar mandiri dan tidak terlalu tergantung kepada orang tua. Yuk, simak cara menyapih anak yang telah berusia 2 tahun berikut ini:

  • Tahap Demi Tahap

Untuk mengurangi rasa letih saat menyapih, lakukanlah secara bertahap. Pada tahap awal, biasanya si Kecil untuk tidur siang tanpa minum ASI terlebih dahulu. Lakukan hal ini selama 2 bulan sehingga perlahan-lahan ia terbiasa tidur siang tanpa minum ASI. Lakukan dengan penuh kesabaran hingga ia jatah minum ASI-nya berkurang setiap hari.

  • Mengolesi Bau yang Tidak Disukai

Anak pasti memiliki sesuatu yang tidak disukainya. Manfaatkan baunya tersebut lalu oleskan di baju Anda atau sekitar puting. Hal ini dilakukan untuk mengurangi nafsu si Kecil untuk minum ASI. Tahap ini tidak memiliki batas waktu, karena tergantung si Kecil. Jika ia benar-benar sudah terbiasa dengan tidak minum ASI, Anda bisa untuk tidak mengoles bau tersebut di puting susu.

  • Ganti dengan Minuman Lain

Menggantinya dengan minuman lain bisa menjadi cara cerdas untuk menyapih anak. Misalnya, biasakan terlebih dahulu untuk minum jus buah sebagai pengganti ASI sebelum ia tidur. Lama-kelamaan, ia akan terbiasa untuk tidak meminta ASI dan lebih memilih jus yang rasanya lebih enak.

Mudah kan, cara menyapih anak 2 tahun? Meskipun awalnya tak tega karena melihat si Kecil terlihat kurang bersemangat, tetapi semua ini demi kebaikannya. Berikan yang terbaik untuk buah hati tersayang, ya! Nah setelah membaca artikel ini, Anda juga bisa mendapat informasi bermanfaat lainnya lho seputar dunia kesehatan ibu dan anak. Klik link di bawah ini ya!

5 Cara Sukses Menyapih Anak dengan Benar

Resep MPASI Tepat untuk Bayi 6 Bulan

Macam-Macam Makanan Pure Sehat untuk MPASI

 

author
No Response

Leave a reply "Bagaimana Cara Menyapih Anak 2 Tahun dengan Mudah?"