Bagaimanakah Posisi Tidur Terbaik Bayi Sehat?

bayi tidur

Hai Ibu, apakah bayi sehat selalu tidur nyenyak? Bagaimanakah posisi tidur si Kecil? Biasanya, yang terbiasa menidurkan si Kecil adalah Ibu. Oleh karena itu, Ibu perlu tahu apakah posisi tidur si Kecil sudah benar? Yuk simak informasi berikut ini tentang posisi terbaik tidur si Kecil.

Bayi sehat yang dapat tidur dengan lelap memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Kualitas tidur yang baik akan merangsang perkembangan otak bayi dan mengoptimalkan produksi hormon pertumbuhan bayi. Oleh karena itu, si Kecil sangat perlu mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyaman.

Telentang, tengkurap, atau miring? Seringkali Ibu bertanya-tanya, manakah posisi tidur yang terbaik untuk si Kecil. Di tengah kebingungan itu, justru kerabat atau orang tua menyarankan hal yang berbeda-beda dengan alasan yang berlainan juga. Berikut beberapa posisi tidur terbaik untuk bayi sehat di rumah:

  • Posisi telentang

Posisi ini dikatakan sebagai posisi paling aman untuk si Kecil yang berumur 0 hingga 3 bulan. Pasalnya, bayi sehat pada usia ini belum mampu untuk berguling-guling sehingga posisi ini paling nyaman untuk tidur lelapnya. Posisi ini juga bisa memperkecil risiko kematian bayi akibat SIDS.

  • Posisi miring

Posisi tidur miring ke kanan tepat untuk mencegah gumoh yang sering dikeluarkan si Kecil. Ibu tidak perlu khawatir dengan gumoh yang sering keluar karena tidak ada hubungannya dengan gangguan kesehatan. Sebaiknya, Ibu mengatur posisi tidur agar tidak selalu menghadap pada satu sisi saja, tetapi dapat dilakukan secara bergantian menghadap sisi kanan atau kiri.

  • Posisi tengkurap

Jika si Kecil menyukai tidur dengan posisi ini, Ibu perlu tetap menjaganya meskipun ia tidur terlelap. Pasalnya, Ibu perlu memastikan bahwa tidak barang apapun yang menghalangi hidung atau mulutnya yang bisa menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Nah, itulah beberapa posisi tidur yang baik untuk bayi sehat. Ibu perlu benar-benar memperhatikan saat si Kecil tidur agar bisa memastikan bahwa ia beristirahat dengan nyenyak. Jika si Kecil mendapatkan tidur berkualitas, tentu pertumbuhan dan perkembangannya bisa berjalan optimal.

author
No Response

Leave a reply "Bagaimanakah Posisi Tidur Terbaik Bayi Sehat?"