Bahan Perawatan Bayi Alami Atasi Ruam Popok

No comment 1288 views

perawatan bayi

Saat ini memang banyak produk perawatan bayi yang dijual dan diklaim dapat mengatasi ruam popok pada buah hati tercinta, namun amankah produk tersebut? Selain mengandung banyak bahan kimia, produk perawatan bayi semacam itu juga belum tentu cocok untuk kulit si Kecil yang masih sangat sensitif.

Nah, untuk mengatasi ruam popok yang menimbulkan rasa gatal dan perih pada kulit pantat buah hati, cobalah menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

  1. Oatmeal

Oatmeal meruapakan kepingan gandum utuh yang umunya diolah menjadi berbagai makanan, seperti sereal, kue kering, dan juga roti. Untuk menjadikannya produk perawatan bayi yang bisa mengatasi ruam popok, haluskan ⅓ cup oatmeal selama beberapa menit hingga menjadi bubuk yang benar-benar halus.

Setelah itu, taburkan produk perawatan bayi alami ini di bak mandi si Kecil dan biarkan ia berendam selama 15 hingga 20 menit di dalamnya. Saat buah hati berendam dalam air yang dicampuri oatmeal, Anda harus lebih berhati-hati karena permukaan bak biasanya menjadi lebih licin.

  1. Baking soda

Baking soda dikenal sebagai bahan alami yang serbaguna, karena bisa dijadikan campuran untuk membersihkan noda pada kain hingga dapat melancarkan ingus yang membandel dengan dicampur pada 1 mangkuk air hangat dan dihirup uap panasnya.

Sebagai produk perawatan bayi alami, Anda cukup mencampurkan 2 sdm baking soda pada air hangat yang akan digunakan si Kecil untuk mandi. Biarkan ia berendam selama 10 menit, kemudian bilas tubuhnya dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut.

  1. Tepung maizena

Tepung yag terbuat dari jagung dan sering dijadikan bahan untuk membuat kue ini juga bisa diandalkan untuk mengusir ruam popok pada kulit si Kecil. Caranya, cukup taburkan tepung maizena pada bagian kulit yang berbintik merah sebelum Anda memakaikan popok atau celana pada buah hati.

Hindari menggunakan bedak tabur untuk mengatasi ruam popok pada si Kecil karena produk perawatan bayi tersebut mengandung banyak bahan kimia dan juga pewangi buatan yang dapat memicu timbulnya iritasi.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa ampuh dijadikan bahan perawatan bayi untuk mengatasi ruam popok karena mengandung lauric acid yang memiliki zat anti mikroba dan anti jamur. Minyak kelapa juga menjaga kelembapan kulit bayi sehingga sangat aman untuk digunakan.

Untuk mengobati ruam popok, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang gatal menggunakan ujung jari. Sebelum memakaikan popok atau celana pada buah hati tersayang, biarkan minyak kelapa ini mengering dahulu untuk mencegah si Kecil merasa tidak nyaman.

Pada dasarnya, bahan perawatan bayi alami tersebut sangat ampuh mengatasi ruam popok pada buah hati. Akan tetapi, apabila bahan alami tersebut belum juga mengurangi ruam popok yang dialami si Kecil, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi yang terbaik.

author
No Response

Leave a reply "Bahan Perawatan Bayi Alami Atasi Ruam Popok"