Bayi Bisa Berjerawat? Apa Penyebab Bayi Berjerawat?

Penyebab Bayi Berjerawat

Jerawat atau acne adalah gangguan pada kulit yang mengganggu penampilan dan seringkali membuat kita minder. Siapapun dapat terkena jerawat, walaupun pada umumnya jerawat seringkali menyerang para remaja yang memang mengalami perkembangan hormon yang sangat pesat. Namun tidak hanya remaja dan orang dewasa dengan kulit berminyak saja, bayi pun bisa terkena jerawat. Nah, apa sajakah penyebab bayi berjerawat? Yuk temukan jawabannya di sini, Bunda.

Penyebab bayi berjerawat ternyata adalah pengaruh dari hormon andrenal androgen yang didapatkannya dari ibu melalui tali plasenta selama ia berada di dalam kandungan. Selama Anda mengandung, janin Anda akan bergantung sepenuhnya pada nutrisi yang didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi. Nah, bersamaan dengan nutrisi-nutrisi tersebut plasenta bayi Anda juga menyalurkan sejumlah hormon dari dalam tubuh ibu ke dalam tubuh bayi, salah satunya adalah hormon andrenal androgen tersebut.

Selain pengaruh hormon, penyebab timbulnya jerawat bayi yang lain adalah pengaruh dari obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu sementara mengandung, seperti obat steroid, anti-depressant, dan obat kontrasepsi jika di saat Anda mengandung Anda juga menjalani program KB.   Baca juga: Bunda, Ikuti Tips Cara Melakukan Hypnobirthing

Namun, terlepas dari penyebabnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena jerawat bayi ini merupakan gejala yang normal dan sering terjadi pada newborn babies pada umumnya. Jerawat tersebut akan hinggap di wajah bayi Anda selama 4 bulan hingga 3 tahun, namun seiring dengan pertumbuhan bayi, jerawat-jerawat tersebut pun akan hilang dengan sendirinya. Anda juga tidak perlu khawatir bahwa wajah mulus bayi Anda akan ternodai dengan bekas jerawat, karena berbeda dengan jerawat pada orang dewasa yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jerawat bayi ini akan menghilang tanpa bekas tanpa menimbulkan bekas luka permanen pada wajah bayi Anda.

Dan karena jerawat ini bukanlah bentuk dari penyakit, maka tidak memerlukan tindakan medis dengan menggunakan obat-obatan. Malah, sebaiknya Anda tidak bertindak sembrono dengan membersihkan wajah bayi Anda dengan produk kecantikan yang Anda gunakan. Pasalnya kulit bayi masih sangatlah sensitif sedangkan bahan kimia dari produk pembersih wajah untuk orang dewasa memiliki kandungan yang keras, sehingga dikhawatirkan hal tersebut justru akan membuat wajah bayi Anda terkena iritasi. Jikapun Anda ingin membersihkan wajah bayi Anda, gunakan produk sabun yang memang diformulasikan untuk bayi untuk mencegah alergi kulit.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyebab bayi berjerawat serca cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bayi Bisa Berjerawat? Apa Penyebab Bayi Berjerawat?"