Bayi Gumoh? Begini Cara Mengatasinya!

No comment 1018 views

Bayi Gumoh? Begini Cara Mengatasinya!

Bayi gumoh – Anda merasa panik ketika si kecil mengalami gumoh seusai memberikannya ASI. Janganlah terlalu panik bun, karena hal itu adalah wajar dan kerap terajadi pada bayi. Gumoh biasanya terjadi ketika bayi berusia 3 hingga 4 bulan dan seiring berjalannya waktu gumoh akan berhenti dengan sendirinya.

Kebanyakan ibu sering salah mengartikan antara gumoh dengan muntah padahal gumoh dan muntah jelas sekali beda. Memang sepintas gumoh dan muntah hampir mirip, namun yang membedakan antara gumoh dan muntah adalah banyaknya susu yang dikeluarkan oleh bayi. Saat bayi gumoh susu yang keluar hanya sekitar 10 ml saja sedangkan muntah akan mengeluarkan lebih banyak susu. Agar Anda tidak terlalu khawatir berlebihan, berikut cara yang bisa dilakukan saat bayi gumoh.

Cara mengatasi bayi gumoh

1. Tentukan posisi yang benar
Saat Anda sedang memberi makan bayi usahakan bayi dalam kondisi tegak, hal ini bisa mencegah terjadinya gumoh. Namun ketika menyusui, pastikan bayi dalam posisi yang pas yaitu dengan bibir menutup seluruh puting susu untuk mencegah udara yang masuk dan tertelan selama bayi menyusu. Agar bayi tidak gumoh, jangan mengayun – ayun atau mengajaknya bergerak aktif ketika sedang makan.

2. Porsi yang tepat
Bayi gumoh bisa terjadi karena menyusu dalam jumlah yang banyak. Menyusu dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan bayi muntah dan gumoh karena terlalu kenyang. Untuk itu bunda bisa memberikan susu dalam porsi yang sedikit namun sering daripada sekaligus banyak.

3. Menyendawakan bayi
Cara tepat untuk menghindari bayi gumoh yaitu dengan menyendawakannya. Agar bayi dapat bersendawa posisikan tubuhnya dalam keadaan duduk dan jangan lupa untuk menopangnya dengan menggunakan salah satu tangannya dan tangan yang lain digunakan untuk menepuk punggung bayi secara perlahan hingga ia bersendawa.

4. Gunakan dot yang tepat
Jika bayi menyusu dengan botol pastikan jika Anda memilih dot dengan yang pas. Jangan memberi lubang yang terlalu besar karena susu akan mengalir terlalu cepat dan mengakibatkan bayi mudah tersedak. Jangan pula terlalu kecil karena aliran susu terlalu lambat dan mengakibatkan bayi banyak menelan udara.

Jika bayi gumoh Anda jangan terlalu khawatir karena hal itu sangatlah wajar terjadi. Dengan beberapa cara di atas Anda dapat mengatasi agar bayi tidak gumoh. Selamat mencoba! Baca juga : Inilah 7 Manfaat Jagung Untuk Si Kecil

 

author
No Response

Leave a reply "Bayi Gumoh? Begini Cara Mengatasinya!"