Bayi Lahir Kembar? Ini Dia Penyebabnya!

No comment 1400 views

Bayi Lahir Kembar? Ini Dia Penyebabnya!

Bayi kembar – Banyak ibu hamil yang menginginkan bayi kembar hingga mencari tahu penyebab lahirnya bayi kembar tersebut. Anak kembar memang unik dan tidak banyak pasangan suami istri yang dikaruniainya. Sebenarnya kelahiran bayi kembar terjadi secara alami, namun seiring perkembangan zaman banyak perawatan yang menyebabkan bayi lahir kembar.

Jika dilihat dari ciri – cirinya, anak yang terlahir kembar mempunyai jenis kelamin yang sama dan mempunyai perawakan yang sama juga. Kondisi ini disebabkan karena adanya kantong ketuban yang berbeda namun hanya memiliki satu plasenta. Jika Anda ingin mengatahui penyebab bayi lahir kembar, berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab bayi lahir kembar

1. Genetik
Penyebab utama bayi kembar yaitu faktor genetika karena seseorang yang memiliki keluarga dengan sejarah melahirkan bayi kembar akan berkemungkinan besar mengalami hal yang sama.

2. Kelebihan berat badan
Menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki kemungkinan untuk melahirkan bayi kembar. Namun hal tersebut juga harus memiliki sejarah dari keluarga yang mempunyai bayi kembar.

3. Hamil usia tua
Wanita yang hamil pada usia diatas 45 tahun memiliki kemungkinan 17 persen melahirkan bayi kembar. Tidak hanya memiliki peluang bayi kembar namun wanita yang hamil diusia lebih dari 45 tahun akan beresiko keguguran.

4. Pernah melahirkan bayi kembar
Wanita yang pada kehamilan pertamanya melahirkan bayi kembar akan berpeluang 4 kali lipat memiliki anak kembar lagi pada kehamilan selanjutnya dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah melahirkan bayi kembar.

5. Program fertilisasi
Pada zaman yang canggih seperti sekarang ini, jika ingin melahirkan bayi kembar bisa diprogram menggunakan teknologi fertilisasi. Program ini berfungsi untuk mengstimulus terjadinya ovulasi yang terjadi di dalam rahim yang memungkinkan terbentuknay lebih dari satu embrio yang tumbuh di dalam rahim sehingga akan menghasilkan bayi kembar.

Beberapa faktor diatas yang mempengaruhi lahirnya bayi kembar. Jika Anda menginginkan mempunyai anak kembar sebaiknya berkonsultasi kepada dokter, namun dibalik itu semua tetaplah kehandak dari Tuhan. Baca juga : Barbagai Manfaat Daun Sirih Yang Perlu Ibu ketahui

author
No Response

Leave a reply "Bayi Lahir Kembar? Ini Dia Penyebabnya!"