Bayi Suka Muntah? Yuk, Ketahui Penyebabnya

bayi muntah

Bayi Muntah – Orang tua mana yang tidak bingung ketika melihat bayi muntah? Apalagi ketika usianya masih beberapa minggu saja. Lantas, apa yang menyebabkan bayi muntah beberapa kali dalam sehari? Yuk, simak informasinya berikut ini:

  • Reflux atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Reflux merupakan kondisi di mana semua yang dimakannya naik lagi dari lambung dikarenakan otot esophageal belum terlalu kuat untuk menahan sesuatu yang masu ke sistem pencernaannya. Rfelux ini juga dipicu karena si Kecil terlalu minum banyak ASI dan telalu kenyang.

  • Kondisi Badan Menurun

Beberapa penyakit memang menyebabkan si Kecil gampang muntah. Ketika si Kecil sedang batuk, pilek, ingeksi telinga, dan infeksi saluran kencing memang ditandai dengan bayi muntah. Bawalah ke dokter untuk memeriksakan lebih lanjut.

  • Banyak Udara yang Masuk Ke Mulut

Muntah pada bayi juga dipicu karena terlalu banyak udara yang masuk ke dalam mulutnya. Saat si Kecil menyusu dari botol, secara tidak sengaja biasanya udara ikut terhisap. Jika Anda di rumah, berikan si Kecil ASI eksklusif agar sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat.

  • Terlalu Banyak Gerak

Karena terlalu banyak berlarian di dalam rumah, si Kecil bisa saja muntah. Hal ini ditandai dengan badannya yang lemas, kehilangan nafsu makan, menguap, berkeringat, dan pucat. Hal ini juga bisa dipicu karena sedang naik mobil, ayunan, atau gara-gara naik komedi putar.

  • Intoleransi Terhadap Laktosa

Jika si Kecil hampir setiap saat muntah setelah menyusui di botolnya, mungkin saja ia intoleransi laktosa. Hal ini juga ditandai dengan munculnya gejala ruam kulit, gatal-gatal, bengkak, kesulitan bernapas, dan tidak sadarkan diri. Waspadailah beberapa makanan baru yang Anda berikan.

  • Penyempitan Usus

Saat bayi muntah, cobalah untuk menandai kapan waktu-waktu biasanya ia muntah. Jika ternyata si Kecil muntah setelah 15-30 menit setelah makan dan hal ini terjadi selama minimal dua kali jam makan berurutan, bisa jadi terkena Hypertrophic pyloric stenosi atau penyempitan usus kecil.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi muntah. Namun, bisa jadi hal tersebut dipicu oleh bau yang  tidak sedap disekitarnya. Anda juga harus mewaspadai keracunan makanan yang ditandai dengan gejala muntah, demam, sakit perut parah, dan diare. Jagalah selalu kebersihan badannya dan seleksilah makanan tersebut sebelum disuapkan pada si Kecil. Agar lebih aman, berikan ia kudapan yang bergizi seperti buah dan sayur ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Bayi Suka Muntah? Yuk, Ketahui Penyebabnya"