Bedak Bayi – Menghindari Bahaya Dari Talc Pada Bayi

Bedak Bayi - Menghindari Bahaya Dari Talc Pada Bayi

Bedak Bayi – Perawatan bayi, terutama dalam merawat kulit halus si buah hati tidak boleh dilakukan sembarangan. Pemakaian bedak tabur bayi tidak hanya untuk mengharumkan tubuh, tetapi juga untuk menghindarkan kelembaban yang berlebih dan mengeringkan gesekan pada kuli bayi. Cara pakai bedak bayi http://www.bilna.com/blog/khasiat-madu-susu-pada-bedak-bayi/ juga ada aturannya lho.

Berdasarkan akibat-akibat negatif itulah, American Academy of Pediatrics melarang penggunaan bedak berbahan dasar talc pada bayi. Ditambah lagi, belakangan ini muncul isu baru yang menyebut-nyebut penggunaan bedak berbahan dasar talc pada daerah kemaluan bayi perempuan dapat menyebabkan kanker ovarium. Hingga saat ini, isu tersebut masih dalam proses penelitian untuk dibuktikan kebenarannya.

Untuk menghindari bahaya dari talc pada bayi, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh anda adalah sebagai berikut:

  • Jangan pernah meletakkan bedak dekat dengan bayi. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari bayi yang tanpa sengaja memainkan, menjatuhkan, atau menumpahkan bedak pada atau dekat wajahnya.
  • Ketika mengganti popok bayi, gunakanlah krim atau petroleum jelly. Sebab, belum ada bukti yang menunjukan bahwa bedak dapat mencegah ruam pada bokong bayi. Sebaliknya, bukti yang ada justru menyebutkan bahwa bedak yang tidak dibersihkan pada daerah lipatan paha dan bokong bayi dapat menyebabkan iritasi, meskipun bedak tersebut bebas talc dan terbuat dari cornstarch.
  • Pilihlah bedak yang bebas talc. Biasanya pada kemasan bedak tercantum kata-kata free-talc. Atau anda bisa memastikan tidak ada talc sebagai bahan dasar bedak dengan membaca ingredients pada bagian belakang kemasan. Bedak yang aman digunakan pada bayi adalah bedak yang berbahan dasar cornstarch.
  • Jangan langsung taburkan bedak pada kulit bayi. Jika seandainya anda tetap menggunakan bedak berbahan talc, sebaiknya sapukan bedak terlebih dahulu pada kedua tangan anda jauh dari wajah bayi. Ini untuk menghindari bedak terhirup dan masuk ke dalam paru-paru bayi.
  • Jangan pernah menaburkan bedak pada daerah kemaluan bayi. Meskipun isu talc menyebabkan kanker ovarium belum terbukti, namun ada baiknya kita menghindari.
author
No Response

Leave a reply "Bedak Bayi – Menghindari Bahaya Dari Talc Pada Bayi"