Begini Cara yang Tepat Membersihkan Telinga Bayi!

Begini Cara yang Tepat Membersihkan Telinga Bayi!

Telinga bayi – Menjaga kebersihan bayi sangat penting dilakukan agar tidak menimbulkan penyakit. Dari ujung kaki hingga ujung arambut bayi haruslah dijaga kebersihannya, tidak terkecuali telinga bayi. Menjaga kebersihan telinga bayi sangatlah penting karena kotoran yang bersarang pada telinga bayi bisa menyebabkan infeksi. Membersihkan telinga bayi juga mencegah menumpuknya kotoran sehingga telinga menjadi bau.

Telinga adalah organ yang sangat sensitif apalagi telinga bayi yang baru lahir. Untuk itu saat akan membersihkannya harus benar agar kegiatan yang bertujuan membersihkan telinga bayi tidak berujung pada menyakiti telinga bayi tesebut dan menyebabkan gangguan. Berikut ini cara tepat membersihkan telinga bayi.

Cara mudah membersihkan telinga bayi

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan telinga bayi yaitu menyiapkan semua peralatan seperti kapas bulat, kapas bertangkai atau cotton buds, wadah berisi air hangat, baby oil, dan waslap atau bisa menggunakan sapu tangan handuk lembut.
2. Kemudian basahi kapas bulat menggunakan air hangat, lalu bersihkan bagian depan dan belakang daun telinga untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada telinga bayi.
3. Bagian dalam daun telinga bisa dibersihkan dengan cotton buds yang telah dibasahi baby oil agar mempermudah mengangkat kotoran.
4. Setelah bersih telinga bayi terlihat besih, keringkan seluruh telinga bagian luar dengan cara menguspkan handuk atau waslap lembut secara perlahan.

5. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembersihan telinga bayi saat mandi. Dengan cara ini membersihkan kotoran pada telinga bayi akan lebih mudah yaitu membersihkannya dengan air lalu setelah kotoran didalam telinga cair bersihkan menggunakan kain lembut pada lipatan – lipatan telinga bayi.

6. Jika telinga bayi susah dibersihkan Anda bisa menggunakan tetes telinga namun sebelumnya harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

7. Hindari membersihkan telinga bayi pada saat kering karena dapat mengakibatkan iritasi. Untuk itu sebelum membersihkan harus dibasahi dulu. Dan jangan lupa untuk berhati – hati saat membersihkan telinga bayi karena bayi akan merasa kegelian sehingga ia akan bergerak – gerak.

Beberapa langkah di atas akan mempermudah untuk membersihkan telinga bayi, selain itu jika kesulitan Anda juga dapat membesihkan telinga bayi dengan peralatan medis  dengan bantuan dokter THT. Baca juga : Apa Sih Yang Membuat Telinga Si Kecil Infeksi?

author
No Response

Leave a reply "Begini Cara yang Tepat Membersihkan Telinga Bayi!"