Belajar Berdiri, Pilih Sepatu Bayi yang Tepat Untuknya!

belajar berdiri

Saat anak belajar jalan, sepatu adalah salah satu hal penting yang akan dapat mendukung tiap langkah kecil yang akan dijejaknya saat belajar berdiri. Kini, banyak sekali pilihan sepatu bayi dengan beragam model dan warna yang menarik serta menggemaskan. Akan tetapi, semoga saja sepatu bayi lucu tersebut tak lantas membuat Anda tergoda untuk langsung membelinya.

Dalam memilih sepatu bayi, hal pertama yang harus diperhatikan jenis sepatu yang dibutuhkan sesuai perkembangan usianya. Pemilihan sepatu yang sesuai usia dan perkembangan kakinya akan mendukung buah hati Anda saat ia belajar berdiri nantinya. Nah, berikut ini adalah tips memilih sepatu bayi untuk Anda yang sedang berencana menghadiahkan sepatu baru untuk buah hati. Ini dia tipsnya untuk Anda:

  1. Cermati jenis sepatu

Secara umum, sepatu bayi terdiri atas dua jenis sesuai tahap perkembangan bayi yaitu sepatu prewalker dan walker. Sepatu prewalker ini diperuntukkan khusus untuk bayi yang belum memasuki tahap berjalan, termasuk di dalamnya bayi yang sedang belajar berdiri. Sepatu prewalker ini biasanya terbuat dari bahan yang sangat lembut dan fleksibel seperti katun, sehingga membuat kaki bayi nyaman.

Beda sepatu prewalker, tentu beda pula dengan sepatu walker. Sepatu walker ini diperuntukkan bagi bayi yang sudah memasuki tahap berjalan. Sepatu ini umumnya telah memiliki sol yang lebih keras namun tetap fleksibel sehingga tak mengganggu gerak bayi ketika berjalan.

  1. Cermati fungsi sepatu

Selain sebagai pelindung dari cedera ataupun perubahan suhu, sepatu juga memiliki fungsi untuk memperindah dan pempercantik tampilan kaki buah hati. Dalam memilih sepatu bayi, usahakan untuk memperhatikan fungsi yang pertama. Untuk itu, sebaiknya pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki bayi Anda dan yang enak untuk dipakai.

Pada bayi yang belum bisa berjalan atau sedang mulai belajar berdiri, sepatu fungsinya hanya sebatas untuk melindungi kaki agar ia tak cedera atau lecet saat terjatuh dari berdiri atau saat bersentuhan dengan benda berujung tajam. Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sepatu bayi jenis dan ukuran adalah tentang bahan pembuat sepatu.

Usahakan utnuk memilih sepatu yang terbuat dari bahan yang dapat mennyerap keringat memudahkan pergantian udara. Asal Anda tahu, bayi yang sedang belajar berdiri cenderung akan mengeluarkan keringat dua kali lebih banyak. Untuk bayi yang sedang berdiri, sol keras memang cukup membantu berdiri, namun ini tidak dianjurkan karena sol keras tersebut dapat mengganggu pergerakan kaki bayi.

Itulah beberapa tips cermat memilih sepatu untuk bayi yang sedang belajar berdiri. Sebaiknya, hindari untuk membeli beberapa pasang sepatu sekaligus dengan ukuran yang sama untuk menyiasati pertumbuhan kaki si Kecil yang tak dapat Anda kira-kira sebelumnya.

 

author
No Response

Leave a reply "Belajar Berdiri, Pilih Sepatu Bayi yang Tepat Untuknya!"