Belajar Berdiri: Sepatu Ini Cocok Untuk Si Kecil

belajar berdiri

Belajar berdiriSalah satu ciri dari tumbuh kembang anak adalah keberhasilan mereka dalam belajar berdiri, bicara, dan berjalan. Tentu saja sangat membahagiakan bukan mengetahui jika si Kecil sudah mulai bisa menguasai hal-hal tersebut? Namun, Ibu juga jangan lupa untuk tetap memperhatikan keamanan lingkungan serta keselamatan buah hati, ya.

Semakin banyak hal yang dikuasai si Kecil, misalnya saja berdiri atau berjalan, risiko untuk mengalami hal-hal yang tak diinginkan juga semakin besar. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh Ibu yang buah hatinya sudah mulai belajar berdiri adalah menyiapkan sepatu yang cocok dan nyaman bagi anak.

Sebelum membahas sepatu apa yang cocok untuk si Kecil yang baru belajar berdiri, Ibu juga perlu mengetahui informasi mengenai jenis-jenis sepatu bayi, ya! Ada dua jenis sepatu untuk bayi, yaitu pre-walker shoe dan toddler shoe. Pre-walker shoe adalah sepatu khusus untuk buah hati yang baru lahir. Sedangkan toddler shoe lebih cocok digunakan anak berusia 1 hingga 2 tahun.

Toddler shoe sendiri dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu sepatu khusus untuk bayi yang baru merangkak, untuk bayi belajar merambat, dan bayi belajar berjalan. Nah, masuk kategori mana ya si Kecil yang baru belajar berdiri? Ibu bisa menggunakan sepatu bayi untuk kriteria mulai belajar berjalan.

Sebaiknya Ibu memilih sepatu bayi untuk si buah hati sesuai dengan karakteristik di bawah ini:

  • Pilih ukuran sepatu yang tidak terlalu besar maupun terlalu sempit. Jangan lupa pula memilih sepatu yang kokoh untuk menyokong kaki anak agar bisa berdiri.
  • Pilihlah model sepatu yang tertutup untuk melindungi punggung kaki si Kecil dari goresan atau benturan saat ia terjatuh.
  • Pilih sepatu yang memiliki bantalan medial arkus agar kaki tak mudah lelah. Model sepatu ini memiliki bantalan yang lebih tinggi pada bagian tengah sepatu.
  • Untuk keamanan si Kecil, pilihlah sepatu yang mempunyai ujung lonjong atau membulat. Hindari sepatu yang berujung lancip karena mungkin saja dapat menyakiti si Kecil.
  • Model sepatu yang tak terlalu tinggi akan memudahkan buah hati untuk menggerakkan tumitnya. Maka dari itu, pilihlah sepatu bayi yang tingginya tak melebihi mata kaki.

Pastikan Ibu memilihkan sepatu bayi yang tepat untuk si Kecil. Dengan memilih sepatu yang sempurna, ia akan lekas beranjak dari belajar berdiri menjadi belajar berjalan. Jangan lupa pula untuk mengganti sepatu si Kecil tiap 2 hingga 3 bulan sekali.

author
No Response

Leave a reply "Belajar Berdiri: Sepatu Ini Cocok Untuk Si Kecil"