Belajar Jalan? Lancarkan dengan Pijat Kaki Bayi Ini

belajar jalan

Resah karena buah hati tak kunjung belajar jalan? Iri melihat anak-anak lain sebayanya yang sudah bisa bergerak kesana-kemari dengan lincah? Jangan khawatir. Kondisi ini lumrah dialami oleh kebanyakan orang tua sebab masing-masing anak memiliki kemampuan perkembangan setiap anak umumnya berbeda.

Untuk mendorong agar bayi lekas bisa berjalan, banyak usaha yang bisa dilakukan oleh orang tua mulai dari usaha medis, non-medis, hingga yang bersifat tradisional seperti pemijatan. Pijat bayi ini umumnya masih banyak dipercaya bisa membantu menstimulus bayi agar segera belajar jalan. Selain itu, pijat kaki bayi juga dipercaya dapat melenturkan presendian pinggul dan lutut yang membantu berjalan.

Nah, bagaimana langkah-langkah pemijatan bayi yang bisa membantunya belajar jalan? Ini dia caranya:

  1. Langkah pertama, letakkan ibu jari Anda di pangkal paha bayi. Beirkan sedikit tekanan di bagian tubuh tersebut dan tariklah ibu jari Anda ke bawah dan lanjutkan gerakan yang sama di bagian paha. Lakukan gerakan ini beberapa kali hingga bayi terasa nyaman.
  2. Langkah kedua, berpindah pada bagian kaki. Peganglah kedua kaki mungil bayi Anda dengan lembut dan tepuk-tepuklah sepnajang tungkainya dengan lembut.
  3. Langkah ketiga, letakkan kembali kedua kaki dan sekarang saatnya melakukan gerakan meremas paha dan lutut bayi. Untuk melakuakn gerakan ini, gunakan ibu jari Anda untuk menekan lutut dengan gerakan memutar ke arah dalam lutut. Lanjutkan gerakan ini dengan meremas betis dan telapak kaki bayi
  4. Langkah keempat, dengan posisi bayi terlentang, peganglah kedu akkai mungilnya secara bersamaan dan tempelkan ke lututnya hingga mendekati perut. Setelah itu, tetap pegangi kaki dan lututnya dan lakukan gerakan melingkar ke kiri dan kanan. Gerakan ini bermanfaat untuk melemaskan otot bagian pinggang bayi dan juga dapay menyembuhkan sakit perut.

Pada pijat sederhana ini memang lebih menitiberatkan pemijatan di bagian kaki dan jemari kaki. Pemijatan di telapak dan jemari kaki ini bertujuan untuk menghilangkan refleks mencengkeram bayi yang membuatnya enggan berjalan. Selain menghilangkan refleks mencengkeram, pijat kaki bayi juga dapat membantu kematangan saraf yang bermanfaat untuk membantu proses bayi belajar jalan.

Pemijatan  tersebut dapat Anda lakukan sesering mungkin di rumah, pada saat menjelang atau sehabis memandikan bayi. Untuk lebih memudahkan gerakan tangan Anda di atas permukaan kulit buah hati, Anda dapat menggunakan bantuan krim, minyak, atau lotion. Selamat mencoba, semoga usahanya membuahkan hasil, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Belajar Jalan? Lancarkan dengan Pijat Kaki Bayi Ini"