Penyebab Berat Badan Bayi Tak Ideal dan Solusinya

Resah dengan berat badan bayi yang terlalu kurus? Meskipun bayi gemuk bukan satu-satunya indikasi bayi sehat, namun jika bayi terlalu kurus itu juga masalah yang serius. Akan menjadi serius lagi jika sebenarnya bayi Anda sudah cukup banyak makan tetapi berat badannya tak juga mengalami peningkatan. Lari kemanakah semua makanan tersebut?

Idealnya memang banyak makan berat badan pun semakin meningkat. Akan tetapi, pada beberapa kondisi hal tersebut tidak berlaku, terutama oleh pengaruh faktor genetik ataupun kesehatan bayi. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kenali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi-rendahnya berat badan bayi berikut ini? Simak baik-baik ya:

1. Garis genetik

Garis genetik adalah faktor utama yang dapat mempengaruhi berat badan bayi. Jika pada dasarnya dari riwayat keluarga ia tidak memiliki bakat untuk gemuk, maka Anda jangan berharap lebih agar ia dapat menimbun banyak lemak di tubuhnya, juga sebaliknya. Hal terbaik yang Anda lakukan adalah mengupayakan berat badan ideal bagi buah hati agar ia tak terlalu gemuk ataupun terlalu kurus.

2. Kesehatan balita

Selain garis keturunan keluarga, kesehatan bayi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan berat badannya. Pada bayi yang terlalu kurus, Anda sebaiknya segera memeriksakan apakah ada gangguan atau masalah pada kesehatannya. Gangguan kesehatan seperti cacingan, TBC, ataupun masalah pencernaan dapat mempengaruhi penurunan nafsu makan bayi yang dapat membuatnya kurus.

3. Gerak dan aktivitas

Selain dua faktor di atas, gerak dan aktivitas bayi juga dapat mempengaruhi kondisi bobot bayi. Jika buah hati Anda termasuk bayi yang aktif bergerak, maka Anda harus sebisa mungkin menyeimbangkan asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. Ini untuk menjaga keseimbangan energi yang dikeluarkannya dengan energi yang didapatnya. Jika tak seimbang, bayi bisa saja menjadi kurus.

4. Asupan Nutrisi Kurang

Tidak mengonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup atau tidak mendapat asupan nutrisi kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat yang pas bisa menyebabkan bayi tidak memiliki berat badan yang ideal. Karena itu penting untuk mengetahui asupan nutrisi yang kita berikan pada buah hati kita, jangan sampai kurang atau berlebihan. Kurangnya asupan nutrisi ini juga bisa diakibatkan karena bayi tidak nafsu makan, karenanya Anda harus mencari tahu penyebabnya.

Baca juga : Jajanan Sehat Untuk Memenuhi Nutrisi Balita

Nah, jika sudah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan bayi lantas sekarang apa yang hendak Anda lakukan untuk menjaga atau menaikkan berat badannya? Pertama yang harus Anda pikirkan adalah cara untuk mendongkrak nafsu makannya agar meningkat. Bagaimana caranya?

Anda bisa melakukannya dengan memberikan makanan berkalori tinggi seperti sereal kacang-kacangan atau bubur gandum yang dicampur susu, olahan daging, bubur buah-sayur, dan olahan bergizi lainnya. Selain itu, ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan agar bayi menikmati dan bisa melahap semua suapan Anda dengan sukarela. Semoga bermanfaat!

author
No Response

Leave a reply "Penyebab Berat Badan Bayi Tak Ideal dan Solusinya"