Bikin Baju Bayi Sendiri Ternyata Menyenangkan, Lho!

 baju bayi

Baju Bayi – Memiliki seorang buah hati, sudah pasti merupakan anugerah yang paling indah bagi para orang tua termasuk juga Anda, ya. Berbagai cara telah ditunjukkan para orang tua untuk menunjukkan kasih sayangnya, seperti membelikan baju bayi, perlengkapan buah hati, dan sebagainya.

Namun, jika hanya membelikan baju bayi saja, Anda mungkin akan sedikit bosan karena tekadang model kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika demikian tidak ada salahnya untuk membuat baju bayi sendiri, kan? Mari coba dengan tips berikut:

  • Pikirkan terlebih dahulu

Ada baiknya pikirkan terlebih dahulu baju bayi apa yang akan Anda buat, apakah baju bayi khusus berupa kaos, kemeja, atau sebuah terusan. Dengan menentukan gambaran dari sebuah pilihan atau model baju bayi, Anda akan lebih mudah dalam membuatnya. Anda juga dapat mencari-cari model baju bayi yang sedang trend saat ini melalui internet atau katalog pakaian anak.

  • Pikirkan untuk laki-laki atau perempuan

Ketika Anda sudah menentukan sebuah model baju bayi, pikirkan juga untuk siapa pakaian tersebut dibuat, apakah untuk laki-laki atau perempuan. Hal tersebut akan memudahkan untuk memberikan motif tambahan pada baju bayi yang Anda buat, seperti contohnya jika Anda membuat untuk anak perempuan, motif hati, pita, maupun renda dapat menjadi opsi yang tepat untuknya agar ia terlihat lebih lucu.

Jika, baju bayi yang Anda untuk anak laki-laki, akan lebih menarik apabila ditambahkan motif berupa garis-garis, kotak-kotak, pesawat terbang, maupun karakter kartun yang lucu dengan begitu si Kecil akan terlihat lebih menggemaskan, bukan?

  • Gambarkan pada sebuah kertas

Jika Anda telah memiliki ide untuk membuat baju bayi untuk sang buah hati, segera gambarkan pada sebuah kerta agar ide tersebut tidak hanya menguap dari benak Anda. Corat-coret sebuah model baju bayi pada sebuah kertas, dan tulislah warna-warna yang akan Anda gunakan ketika membuat baju bayi untuk sang buah hati.

Anda tidak harus terpaku pada tradisi seperti warna biru khusus untuk anak laki-laki dan merah jambu untuk anak perempuan, rombak pemikiran tersebut. Anda dapat menggunakan baju dengan bewarna oranye segar untuk anak laki-laki dan warna hijau lembut untuk baju bayi anak perempuan, dengan begitu si Kecil akan terlihat lebih fresh dan lucu, kan?

  • Mix and Match

Jika Anda sedikit malas untuk membuat baju bayi mulai dari dasar, belilah baju bayi dengan warna putih sebagai dasar yang modifikasi yang akan dilakukan. Anda dapat melakukan mix and match dengan cara menambahkan aksesori yang lucu pada baju bayi bewarna putih dan tambah beberapa warna kain dengan motif orange-merah atau hijau-biru agar pakaian tampak ceria. Warna-warni yang ramai pada baju bayi akan membuat si Kecil juga tampak ceria, lho!

  • Berikan sebagai kado

Jika merasa baju bayi yang dibuat sangat menarik dan lucu, Anda dapat membuatnya lebih dan memberikan kepada keluar atau teman Anda yang sama-sama memiliki bayi kecil. Bungkus baju bayi dan berikan pita yang cantik agar mereka juga senang menerima pemberian dari Anda. Berbagi kecerian dengan orang lain, akan membantu keceriaan hari-hari Anda!

Seru kan, mendesain dan membuat baju bayi sendiri untuk buah hati Anda! Membuat baju bayi ini dapat Anda lakukan di waktu senggang atau di saat datangnya inspirasi, dengan begitu ikatan kasih sayang Anda akan terus menyelimuti si Kecil, kan.

Selain tips membuat baju bayi sendiri, yang tidak kalah penting yaitu melakukan perawatan baju untuk bayi agar pakain menjadi awet dan warna tidak pudar, apalagi untuk bayi harus dilakukan perawatan yang khusus agar baju – baju menjadi awet dan tetap seperti baru. Berikut tips merawat baju bayi yang dapat Anda lakukan sehari – hari di rumah.

1. Tahapan mencuci baju
Mencuci baju maerupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam proses perawatan baju. Untuk mencuci baju, bunda harus memperhatikan tingkat kekotorannya, pisahkan baju sesuai dengan tingkat kekotorannya selain itu yang harus Anda perhatikan juga adalah warnanya. Pisahkan baju putih dengan baju bewarna, tentu saja Anda tidak mau baju putih si kecil terlunturi oleh pakaian – pakain berwarna lainnya. Pilihlah deterjen yang aman untuk kulit, apalagi kulit bayi sangat sensitif. Pada tahap akhir pencucian tambahkan pelembut untuk pakaian agar baju – baju bayi menjadi harum dan lembut.

2. Tahapan menjemur baju
Untuk menjemur baju bunda bisa menggunakan hanger, kecuali untuk baju bayi yang berbahan kaus karena bisa merubah bentuk baju menjadi melar. Saat menjemur Anda harus membalik baju tersebut dengan posisi bagian dalam di luar agar warna tidak mudah pudar akibat paparan sinar matahari.

3. Tahapan menyertika
Baju yang akan disetrika harus dalam kondisi yang benar – benar kering agar nantinya tidak bau apek. Tujuan menyetrika baju selain untuk melicinkan pakaian agar lebih rapi juga untuk mematikan kuman – kuman yang berada pada pakaian dengan suhu panas. Anda dapat mengatur suhu pada setrika agar tidak terlalu panas karena jika terlalu panas dapat merusak pakaian bayi.

4. Cara pemakaian
Sesuaikan pemakaian dengan kebutuhan dan tempatnya. Bedakan antara baju bayi untuk berpergian, sehari – hari, dan untuk tidur. Baju yang masih bagus bisa digunakan saat mengajak bayi berpergian, jangan digunakan untuk sehari – hari atau tidur karena dapat merusak baju.

Dengan tips merawat baju bayi di atas, Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan koleksi baju – baju bayi Anda. Selama mengikuti tips dengan tepat, baju akan awet dan tetap seperti baru. Baca juga : Ketahui Fakta Penting Seputar Cradle Crap pada Bayi

author
No Response

Leave a reply "Bikin Baju Bayi Sendiri Ternyata Menyenangkan, Lho!"