Bisakah Demam Bayi Reda Secara Alami?

No comment 1026 views

bayi demam

Menghadapi anak yang sakit tentu saja menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi seorang Ibu. Bayi sehat yang mula-mulanya selalu menebarkan senyum, tiba-tiba harus terdiam dan lemas karena sedang demam. Banyak obat pereda demam yang beredar di apotik dan mudah didapatkan. Namun, beberapa orang tua menghindari hal tersebut apabila demam anak tidak terlalu tinggi.

Umumnya, obat pereda demam si Kecil berbahan dasar parasetamol dan ibuprofen. Kedua bahan ini memiliki efek samping lho Bu. Parasetamol biasanya dikaitkan dengan penyakit asma, sedangkan ibuprofen dapat memicu sakit maag dan masalah ginjal. Jika demam buah hati tidak terlalu tinggi, Ibu bisa mencoba 4 hal alami berikut ini:

  • Kompres Di Dahi

Meski terbilang cara konvensional, tetapi hal ini cukup efektif karena paling mudah dilakukan. Kompres dahi si Kecil dengan handuk basah yang telah dicelupkan di air hangat atau bisa membeli alat kompres yang terdapat di apotik terdekat. Jangan sekali-kali Ibu mengompresnya dengan air dingin karena dapat menimbulkan pecahnya pembuluh darah si Kecil ya Bu.

  • Mandikan Dengan Air Hangat

Dengan memandikannya dengan air hangat atau ruam-ruam kuku dipercaya dapat menurunkan demam si Kecil. Ibu harus menghindari memandikan si Kecil dengan air dingin karena hal tersebut akan membuatnya semakin menggigil karena kedinginan. Tambahkan garam mandi atau essential oil misalnya lavender oil untuk menenangkan tubuhnya. Jika tidak mungkin memandikannya, lap tubuhnya dengan handuk atau washlap basah yang telah dicelupkan ke air hangat.

  • Pijat Dengan Ramuan Herbal

Pijat dengan lembut tubuh si Kecil dengan campuran minyak kayu putih, 2-3 parutan bawang merah, dan seiris jeruk nipis. Ibu bisa mengganti minyak kayu putih dengan minyak kelapa dan jeruk nipis bisa digantikan dengan asam jawa. Pijat tubuh si Kecil dengan ramuan ini, terutama bagian punggung, dada, dan perut. (Baca juga: 4 Cara Cegah Bayi Alergi MakananĀ )

  • Pijat Dengan Peppermint Oil

Peppermint Oil ini sangat baik untuk meredakan demam pada anak lho Bu. Kandungan mentol yang terdapat di dalamnya akan melancarkan hidung yang tersumbat, sinusitis, serta gejala demam lainnya. Pijatlah dada dan punggungnya secara perlahan dan biarkan si Kecil tertidur sambil menikmati pijatan Anda. Secara perlahan, temperatur si Kecil menurun setelah dipijat dengan Peppermint oil ini.

Dengan beberapa cara alami ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan efek samping yang ditimbulkan usai pengobatan. Jika suhu tubuhnya masih cukup tinggi, Ibu perlu membawanya segera ke dokter untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sayangi bayi sehat ya Bu.

author
No Response

Leave a reply "Bisakah Demam Bayi Reda Secara Alami?"