Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi?

No comment 276 views

bolehkah ibu hamil cabut gigi

Konon sakitnya akibat gigi yang berlubang jauh lebih sakit dari sakit hati. Paling tidak itulah istilah populer yang berkembang di masyarakat untuk menggambarkan betapa menyiksanya sakit gigi. Korban dari sakit gigi pun tidak pandang usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan ibu hamil juga dapat menderita sakit gigi. Apabila gigi berlubang yang menjadi penyebab sakit gigi tersebut masih tergolong ringan, Anda dapat dengan mudah meminta dokter untuk menambal gigi Anda, akan tetapi bagaimana jika gigi berlubang Anda sudah tergolong sangat parah? Tentunya tidak ada cara lain selain mencabut gigi berlubang Anda. Akan tetapi, bolehkah ibu hamil cabut gigi?

Untuk menjawab pertanyaan “bolehkah ibu hamil cabut gigi” memang sedikit rumit. Anda tentu tidak tahan rasanya dilanda dengan rasa ngilu yang menyerang gigi hingga tidak jarang kepala Anda pun menjadi sakit, akan tetapi untuk benar-benar mencabut gigi Anda pun Anda masih merasa ragu karena mengkhawatirkan efek dari cabut gigi terhadap bayi Anda.  Baca juga: Ibu Hamil Sering Berkeringat, Normalkah?

Apabila Anda merasa ragu-ragu untuk mencabut gigi karena khawatir akan dampaknya pada janin Anda, maka Anda perlu diberikan ucapan selamat karena hal tersebut menandakan bahwa Anda adalah seorang ibu yang benar-benar memperhatikan kondisi dari buah hati. Walaupun sekilas terlihat aman, dan bahkan mungkin tidak berhubungan, mencabut gigi selama masa hamil memang memiliki potensi yang membahayakan bagi kandungan Anda. Menurut dokter gigi Gunawan Wibisono dan Bonar Sirait, mencabut gigi di masa kehamilan dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi, terutama jika dari awal Anda didiagnosa mengalami kehamilan resiko tinggi.

Penyebab utamanya adalah  obat anestesi yang digunakan sebelum gigi Anda dicabut. Anestesi tersebut memiliki fungsi untuk membuat syaraf di gusi pingsan sehingga Anda tidak dapat merasakan sakit selama proses pencabutan. Akan tetapi bagi ibu hamil, anestesi tersebut dapat mengacaukan sistem metabolisme darah dan berpotensi menyebabkan gejala-gejala gangguan tekanan darah, seperti anemia maupun hipertensi.

Setelah mengetahui bahaya yang dapat ditimbulkan oleh pencabutan gigi pada ibu hamil di atas, memang alangkah baiknya bagi Anda untuk mengurungkan niat dan memilih solusi lain untuk paling tidak meringankan rasa ngilu pada gigi hingga saat kelahiran. Anda dapat berdiskusi dengan dokter gigi atau dokter kandungan Anda untuk memperoleh saran cara mengatasi sakit gigi tanpa mencabut gigi Anda.

Jadi, bolehkah ibu hamil cabut gigi? Jawabannya adalah tidak, dan pengobatan-pengobatan alternatif lain lebih disarankan. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi?"