Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

No comment 287 views

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Buah durian, King of Fruits. Buah tropis ini memang sangat terkenal dengan bau dan daging buah yang terasa sangat manis. Banyak sekali orang yang menggemari buah satu ini, bahkan bisa jadi Anda juga termasuk salah satu penggemarnya. Dan mungkin Anda ingin membagikan suka cita menyantap buah ini dengan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Akan tetapi, bolehkah ibu hamil makan durian?

Anda mungkin sedikit ragu-ragu untuk menyantap durian saat hamil karena Anda mendengar nasihat dari orangtua atau orang-orang yang lebih sepuh untuk tidak mengkonsumsi durian karena hal tersebut dapat menyebabkan bayi merasa kepanasan. Apakah mitos itu benar? Penelitian telah membuktikan benar tidaknya teori dari masyarakat tersebut, dan menurut ilmu kedokteran mitos tersebut tidak benar adanya. Namun, pertanyaan sesungguhnya adalah, bolehkah ibu hamil makan durian?

Sayangnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk tidak mengkonsumsi durian terlalu banyak selama masa kehamilan. Pasalnya, durian mengandung dua jenis kandungan zat yang dapat mempengaruhi kondisi janin di dalam tubuh Anda. Kedua zat tersebut adalah zat arachidonat dan alkohol. Zat arachidonat adalah sebuah senyawa yang merangsang produksi senyawa tubuh bernama prostaglandin yang berfungsi untuk merangsang kontraksi.

Dalam keadaan normal, kontraksi hanya akan terjadi pada saat mendekati masa kelahiran bayi, akan tetapi jika kontraksi tersebut terjadi pada masa awal maupun masa pertengahan kehamilan, maka dikhawatirkan akan mengakibatkan Anda mengalami keguguran atau bayi Anda terlahir dalam keadaan prematur.

Selain kadar arachidonat yang ada di dalam buah tersebut, buah durian juga memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. Alkohol merupakan salah satu zat yang cukup fatal untuk kehamilan. Apabila bayi Anda terekspos kadar alkohol dalam jumlah yang sangat tinggi, maka dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin sehingga organ-organ tubuh janin tidak dapat berkembang secara maksimal sehingga bayi terlahir cacat, selain itu bayi Anda juga terancam terlahir dalam keadaan prematur dengan berat badan yang lebih rendah dari berat badan bayi normal.

Faktor lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengkonsumsi durian semasa hamil adalah kadar gula dalam buah tersebut yang sangat tinggi. Apabila Anda mengkonsumsi durian, serta produk olahannya dalam jumlah yang banyak maka kadar gula tersebut akan membuat kadar gula darah melonjak naik dan menyebabkan Anda terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi saat masa kehamilan maupun komplikasi saat proses persalinan.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan durian? Jawabannya adalah boleh, namun diperlukan kontrol yang sangat ketat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah ini. Semoga penjelasan di atas membantu, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?"