Bolehkah Ibu Menyusui Saat Hamil? Yuk Bunda Simak Tipsnya

Katalogibu – Banyak ibu yang tetap memutuskan untuk menyusui buah hatinya sekalipun ia sedang hamil. Karena, hingga saat ini belum ada pakar medis yang menemukan fakta bahwa menyusui saat hamil bisa berbahaya untuk janin yang berada di dalam kandungan dan bayi yang menerima ASI. Banyak ibu yang berusaha untuk menyapih bayi mereka ketika tahu dirinya hamil.

Namun, untuk menghadapi kondisi ini tidaklah mudah. Karena, perasaan dan jiwa ibu juga terpanggil untuk memberikan ASI kepada bayi yang membutuhkan ASI. Beberapa ibu hamil memang sangat khawatir menyusui saat hamil, karena ada isu resiko persalinan prematur. Dan kondisi ini disebabkan karena ibu yang menyusui bisa menerima stilmulasi pada bagian payudara yang bisa menyebabkan tubuh ibu menghasilkan banyak hormon oksitosin. Hormon ini bisa menyebabkan kontraksi berlebihan sehingga ibu bisa melahirkan bayi premature. Namun, ternyata jumlah hormon oksitosin yang diproduksi selama hamil dan menyusui tidak mampu membuat kontraksi.

Untuk itu, bunda tetap memperhatikan tips berikut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

  1. Rutin Konsultasi ke Dokter

Cobalah untuk berkonsultasi dan memeriksakan kondisi kesehatan ibu ke dokter atau bidan. Kedua ahli tersebut bisa membantu ibu untuk mengatasi masalah yang sedang di alami. Jika kondisi ibu dan janin di kandungan dalam keadaan baik mungkin dokter akan memperbolehkan ibu untuk lanjut menyusui.

  1. Penuhi Asupan Nutrisi

Mmemenuhi nutrisi untuk ibu hamil sangat penting untuk mencukupi asupan nutrisi agar tumbuh kembang janin optimal.

  1. Perhatikan Posisi saat Menyusui

Posisi ketika menyusui juga harus dipertimbangkan, mengingat ada janin yang sedang tumbuh kembang dalam rahim ibu. Jadi, aturlah posisi senyaman mungkin untuk ibu, anak, dan janin dalam kandungan.

  1. Jaga Emosi dan Suasa Hati

Melakukan banyak hal sekaligus memang membuat ibu rentan stress. Untuk itu selain menjaga kondisi kesehatan tubuh, ibu juga harus memperhatikan emosi.

  1. Menyusui dengan Tetap Menjaga Kondisi Tubuh saat Morning Sickness

Ketika ibu masuk trimester pertama maka ibu bisa mengalami morning sickness. Kondisi ini bisa menjadi lebih parah jika ibu tetap menyusui. Untuk mengatasi hal ini maka ibu bisa mengkomsumsi makanan yang penting untuk tubuh agar kembali sehat.

Itulah hal yang harus di perhatikan ketika ibu hamil dan menyusui.. Sebenarnya, memang diperbolehkan. Namun keputusan ini harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh ibu sehingga kehamilan dapat berjalan lancar dan bayi sehat. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya, jika menemukan masalah menyusui saat hamil.

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Menyusui Saat Hamil? Yuk Bunda Simak Tipsnya"