Bu, Siapkan Kredit Rumah Untuk Si Kecil Yuk

Kredit Rumah

Kredit Rumah – Kredit rumah untuk investasi masa depan mutlak dilakukan orang tua untuk anak-anaknya, dengan melakukan KPR maka ibu dan ayah dapat menjamin masa depan si kecil agar menjadi lebih baik lagi. Sebelum membeli rumah, ada dua hal yang perlu ibu hitung terlebih dahulu yaitu berapa harga rumah yang mampu ibu beli? dan berapa jumlah cicilan KPR yang mampu ibu lakukan?

Untuk pertanyaan pertama memiliki indikator bahwa paling tidak 20-30% dari harga beli untuk dijadikan uang muka. Untuk membeli rumah seharga Rp. 500 juta, maka uang muka yang idealnya disiapkan adalah sebesar 150 juta, diluar uang untuk biaya provisi, notaris, pajak serta administrasi. Dengan demikian, saldo utang kredit perumahan yang akan diambil adalah 350 juta.

Lantas bagimana dengan jumlah cicilan KPR yang mampu ibu lakukan? apa indikatornya? Indikatornya ibu memiliki arus kas sebesar paling tidak 25% dari penghasilan rutin bulanan untuk minimal 5 tahun kedepan yang tidak digunakan untuk keperluan konsumsi rutin untuk hidup. Nah dari sini ibu bisa mengalokasikan sedikit simpanan yang diprioritaskan untuk keredit rumah bagi sang buah hati.

Sebagai informasi Bank Indonesia (BI) juga mengeluarkan ketentuan baru Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA) pada 1 September 2013. Aturan ini termasuk besaran loan to value atau uang muka. Peraturan baru KPR/KPA ini merupakan dampak dari naiknya BI Rate yang tembus di angka 7% atau naik 50 basis poin.

Hal ini juga memudahkan bagi ibu yang bekerja sebagai PNS untuk melakukan kredit rumah, PNS boleh memilih rumah di mana saja dengan harga berapa saja asal mampu membayar cicilan. PNS harus mengisi formulir yang didapat dari Bapertarum-PNS di website bapertarum-pns.co.id atau datang langsung ke Bapertarum di kantor Kemenpera.

Kemudian formulir tersebut diajukan ke bank penyalur kredit perumahan untuk diperiksa lebih lanjut kelaikannya. PNS harus sudah memiliki kesepakatan dengan pengembang soal rumah yang akan dibeli. Nanti bank memproses secara kredit dan fasilitas di Bapertarum. Nanti disetuji oleh bank dan uangnya diberikan.

Nah apakah ibu sudah siap melakukan kredit rumah untuk si Kecil?

No Response

Leave a reply "Bu, Siapkan Kredit Rumah Untuk Si Kecil Yuk"