Bunda, ASI Meningkatkan Kecerdasan Anak, Lho

No comment 244 views

manfaat ASI

Setiap orangtua pastinya menginginkan anaknya untuk tumbuh sehat dengan kecerdasan yang cemerlang. Tentu saja untuk itu Anda perlu untuk memberikan fasilitas pendidikan dengan menyekolahkannya serta membantunya belajar. Akan tetapi, ternyata Anda dapat mengusahakan hal tersebut sejak dini, terutama pada masa menyusui. Tahukah Anda bahwa ternyata ASI meningkatkan kecerdasan anak?

Ya, ternyata selain berguna untuk membangun daya tahan tubuh anak dan kebaikan-kebaikan yang lain, ASI meningkatkan kecerdasan anak juga. Hal itu dikarenakan ASI mengandung komponen yang sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak bayi, yaitu zat DHA. DHA (docasahexaenoic acid) merupakan salah satu jenis lemak Omega-3 yang berfungsi untuk merawat dan memaksimalkan perkembangan sel-sel otak pada bayi. Semakin banyak zat DHA yang ada di dalam ASI, maka bayi pun akan mendapatkan cukup nutrisi untuk menyokong pertumbuhan otaknya. Maka dari itu, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan lemak Omega 3, seperti buah alpukat atau ikan salmon.

Komponen kedua di dalam ASI berkualitas yang dapat membantu perkembangan otak janin adalah lemak kolesterol. Kolesterol merupakan jenis lemak yang secara alami ada di dalam tubuh. Terlalu banyak kolesterol memang dapat memberikan dampak yang buruk bagi orang dewasa, namun bagi bayi yang sedang berada di tengah-tengah masa perkembangan, asupan kolesterol dalam jumlah yang banyak sangatlah dibutuhkan.

Lemak kolesterol berfungsi untuk membantu menyokong sel-sel serta jaringan tubuh bayi yang memang sedang berkembang. Semakin lengkap dan terawatnya jaringan-jaringan tubuh bayi, maka buah hati Anda akan menjadi lebih sehat. Selain itu, kolesterol juga dapat membantu pembentukan jaringan-jaringan di otak bayi.

Komponen terakhir, yang juga menjadi komponen penyusun ASI yang terakhir adalah laktosa. Zat gula ini merupakan komponen alami yang ada di dalam ASI. Di dalam tubuh anak, laktosa akan dipecah menjadi 2 jenis molekul, yaitu molekul glukosa dan galaktosa. Glukosa memiliki fungsi sebagai sumber energi bagi bayi. Sedangkan galaktosa merupakan molekul yang dibutuhkan oleh bayi untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan jaringan-jaringan otak.

Tentu saja, kandungan laktosa ini bisa didapatkan juga dari susu formula. Hanya saja, jika dibandingkan dengan ASI, susu formula memiliki kandungan laktosa yang jauh  lebih sedikit. Jadi, kadar galaktosa yang diserap oleh tubuh bayi pun akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jika Anda menyusui bayi dengan ASI.

Setelah tahu manfaat ASI meningkatkan kecerdasan anak, tidak heran jika pemerintah mewajibkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama ya, Moms?

author
No Response

Leave a reply "Bunda, ASI Meningkatkan Kecerdasan Anak, Lho"