Bunda, Atasi Trauma Anak dengan 5 Cara Terampuh Ini!

Katalogibu – Mendidik anak adalah sebuah tantangan tersendiri buat para bunda. Tak cukup hanya dengan mendidik, sebagai orang tua juga dituntut untuk menjaga buah hati karena banyak hal baru yang bisa terjadi pada mereka. Hal tersebut sedikit banyak bisa menyebabkan trauma pada anak. Trauma sendiri adalah tekanan emosional dan psikologis yang besar.

Membantu seorang anak untuk mengatasi trauma dari suatu peristiwa menjadi salah satu tantangan terbesar bagi orang tua, menghilangkan trauma pada anak tidaklah mudah, tergantung pada tingkatan trauma yang dialami si anak  yang bisa berdampak pada tumbuh kembangnya. Untuk mengatasi masalah tersebut berikut cara ampuh hilangkan trauma pada anak :

  1. Inisiatif

Apabila gerak-gerik anak berbeda tetapi dia tidak membicarakan tentang yang dialami, bukan berarti tidak terjadi apa-apa pada si anak, mungkin saja anak merasa tidak nyaman dengan orang tua. Maka dari itu cobalah bertanya dan membiacarakan apa yang menjadi beban mereka.

  1. Dengarkan Mereka

Dengarkan apa yang menjadi penyebab trauma pada anak, cobalah untuk memahami mengenai perstiwa yang dialaminya. Jangan terburu-buru untuk menghakimi dan mengecilkan perasaan anak, dengan demikian anak akan lebih terbuka dan merasa nyaman untuk menyelesaikan masalah mereka.

  1. Kasih Sayang

Kasih sayang juga dapat memulihkan rasa trauma pada anak. Tidak hanya anak yang harus mengungkapkan perasaanya, orang tua juga perlu menunjukkan kasih sayangnya agar anak tetap meiliki kekuatan untuk melewati peristiwa yang dialaminya. Bangun kembali rasa aman dan kepercayaan anak kepada Bunda, yakinkan dia untuk menjamin bahwa dia tidak akan berada dalam keadaan berbahaya lagi.

  1. Saran Sederhana

Anak-anak cenderung memiliki pemikiran polos dan sederhana, karena anak-anak memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang dewasa. Berilah dia saran atau masukan sesederhana mungkin agar dia mudah mengerti dan memahami dengan pemikiran polos mereka, dan gunakan bahasa yang tidak berbelit-belit. Jika Bunda belum menemukan jawaban yang pas untuk pertanyannya katakana bahwa Bunda akan mencari tahu terlebih dahulu.

  1. Hal Positif

Sampaikanlah kepada anak ketika sesuatu terjadi pasti ada hal positif yang dapat dipelajari. Ajak anak untuk tetap melihat sesuatu hal positif dari setiap peristiwa bahkan kejadian traumatis sekalipun.

Itulah Bunda tips-tips ampuh menyembuhkan trauma pada anak. Bunda harus memberikan kasih sayangnya disaat-saat seperti ini, Bunda juga harus benar benar mendampingi dan menunjukkan bawha masalah dapat selesai dengan dia menceritakan dan mau terbuka dengan orang tuanya. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Atasi Trauma Anak dengan 5 Cara Terampuh Ini!"