Bunda Harus Lakukan Ini Saat Bayi Sakit!

No comment 1122 views

Bunda Harus Lakukan ini saat Bayi Sakit!

Bayi sakit – Biasanya orang tua sangat panik saat mendapati bayi kecilnya rewel tanpa mengetahui penyebabnya. Bayi rewel bisa jadi karena ia sedang haus atau lapar, namun jika rewelnya terus-terusan bisa saja si kecil sedang sakit. Khususnya untuk ibu baru pasti bingung saat tanda – tanda bayi sakit tersebut terdapat pada anak Anda. Lalu langkah apa kah yang selanjutnya dilakukan ibu saat mengetahui bayi sedang sakit?

Berikut kami sajikan informasi penting untuk bunda yang harus di simak :

Yang Dilakukan saat Melihat Gejala Sakit pada Bayi

1. Tenangkan Diri
Mendapati bayi sakit, tentu Bunda akan panik. Sebaiknya Bunda menenangkan pikiran terlebih dahulu agar dapat mengambil keputusan dengan tepat. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab bayi sakit. Bunda dapat mengunjungi bidan atau dokter untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan memastikan langkah apa yang harus dilakukan untuk menangani bayi yang sedang sakit. Sebaiknya jangan memberikan obat pada bayi kecuali dengan saran dokter.

2. Memastikan Keadaan Bayi
Bayi yang sedang sakit biasanya menunjukkan gejala-gejala seperti demam, atau diare. Bunda dapat memeriksa suhu badannya dengan cara menempelkan tangan Bunda ke kening bayi, atau gunakan thermometer jika memang Bunda kurang yakin. Bayi akan muntah jika kurang enak badan selama beberapa waktu tiap usai meminum ASI atau usai meminum susu formula. Tangisan yang sering tanpa sebab yang jelas juga bisa menandakan bahwa bayi sedang sakit

3. Beri Pakaian yang Nyaman
Pada dasarnya, bayi belum bisa mengontrol suhu tubuhnya sendiri. Jadi usahakan memberikan pakaian yang nyaman ketika bayi sakit. Jangan over-dressed up ketika bayi Bunda sakit. Jika tubuhnya demam dan bayi kepanasan, beri pakaian yang tidak terlalu tebal. Sebaliknya bila bayi kedinginan, beri pakaian yang agak tebal. Bunda harus memastikan bayi Bunda nyaman.

4. Perbanyak Memberi ASI
Beri lebih banyak ASI untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Biasanya bayi akan kesulitan bernapas serta minum ASI karena hidungnya mengeluarkan ingus terus menerus. Bunda dapat membantunya dengan mengusap hidungnya lembut menggunakan kapas. Saat tidur, ganjal kepalanya dengan bantal agar posisi kepalanya lebih tinggi dari badannya. Hal ini akan membantunya ketika kesulitan bernapas.

5. Jangan Terburu Beri Antibiotik
Sebaiknya jangan terburu-buru memberikan bayi Bunda antibiotik saat batuk pilek karena penyebab batuk pilek biasanya adalah virus. Yang perlu Bunda ingat adalah pemberian antibiotik tidak dapat menyembuhkan batuk pilek. Namun Bunda jangan ragu untuk membawanya ke dokter jika pileknya disertai demam, dan tidak membaik dalam beberapa hari.

6. Mengenali Sikap Bayi yang Berubah
Biasanya sebagai orangtua kita akan bisa membedakan yang mana tangisan bayi ketika lapar, ketika popoknya ignin diganti, atau ketika dia mengantuk. Tapi kadang kita akan mendapatkan feeling bahwa tangisannya berbeda dari biasanya. Perhatikan juga bayi terlihat lemas atau tidak bertenaga, tidak terlalu responsif terhadap stimulasi visual maupun audio, atau jadi susah dibangunkan saat ia tidur. Ada baiknya bila menemui tanda-tanda tidak biasa Anda segera berkonsultasi dengan dokter anak.

Jika dalam waktu 1×24 jam bayi belum membaikan maka bunda harus segera membawanya ke dokter agar dapat memastikan apa yang sedang terjadi pada bayi Anda. Penanganan yang cepat dan tepat sangat diperlukan apalagi kondisi bayi masih sangat lemah sehingga bunda harus cekatan menghadapinya.

author
No Response

Leave a reply "Bunda Harus Lakukan Ini Saat Bayi Sakit!"