Bunda, Ikuti Tips Cara Melakukan Hypnobirthing

Cara Melakukan Hypnobirthing

Persalinan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu hamil. Namun di saat yang sama, proses melahirkan normal yang menyakitkan seringkali menjadi momok terbesar, terutama bagi Anda yang menjalani kehamilan pertama. Dan di zaman modern ini terdapat banyak sekali metode kelahiran yang konon katanya mampu meminimalisir rasa sakit yang dirasakan oleh ibu, yaitu baik dengan prosedur waterbirth, hingga hypnobirthing. Anda mungkin sudah sering mendengar persalinan waterbirth, tetapi bagaimana dengan hypnobirthing? Dan bagaimana cara melakukan hypnobirthing?

Seperti arti dari istilah “hypno” pada hypnobirthing yang berarti hipnosis, cara melakukan hypnobirthing secara garis besar adalah dengan menggunakan metode sugesti atau hipnosis pada ibu yang sebentar lagi akan melahirkan. Langkah-langkah dalam melakukan proses hypnobirthing ini meliputi tiga tahap, yaitu relaksasi wajah, latihan pernapasan, dan latihan menanamkan sugesti.  Baca juga: Cara Memutihkan Siku dan Lutut Berwarna Hitam Secara Alami

Untuk tahap pertama yaitu latihan relaksasi wajah, Anda dapat menutup kelopak mata Anda secara pelan-pelan dan santai. Posisi dari dari leher, siku, dan bahu juga harus dalam kondisi turun dan rileks. Lemaskan juga otot lengan Anda sehingga tangan Anda menggantung dengan lemas. Perlahan-lahan lepaskan tekanan pada otot wajah Anda. Jika Anda mengalami sedikit kesulitan, maka metode berikutnya dapat membantu Anda.

Metode berikutnya adalah latihan pernapasan. Di sini, Anda wajib memilih posisi yang paling nyaman bagi Anda, baik itu dalam kondisi duduk, tidur  miring atau tidur telentang. Walaupun, sebagai catatan, jika Anda memilih posisi tidur berbaring, maka posisi tidur yang paling sesuai bagi Anda adalah posisi berbaring miring ke arah kiri, hal tersebut ditujukan agar aliran darah ke rahim menjadi lancar sehingga dapat mempermudah proses kelahiran.

Selanjutnya, pejamkan mata Anda dan tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan napas Anda secara perlahan-lahan. Usahakan agar interval dari pernapasan Anda teratur. Dengan bernapas secara perlahan, Anda dapat melatih otot tubuh dan otot wajah Anda menjadi lebih rileks. Jauhkan berbagai macam pikiran negatif selama proses ini untuk memudahkan proses pengenduran otot.

Langkah terakhir adalah latihan menanamkan sugesti. Pola pikir positif Anda sangatlah berperan dalam tahap ini. Tanamkan berbagai pikiran dan sugesti positif, seperti bahwa Anda dapat melalui persalinan normal ini dengan lancar dan bayi yang Anda kandung pun akan terlahir dalam keadaan sehat dan sempurna. Ulang pikiran-pikiran positif tersebut hingga meresap ke alam bawah sadar Anda.

Ternyata cara melakukan hypnobirthing tergolong cukup sederhana ya, Bunda. Anda bisa melakukan metode ini di rumah, dukungan dari suami juga bisa menjadi  energi positif tambahan bagi Anda. Semoga persalinan Anda lancar.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ikuti Tips Cara Melakukan Hypnobirthing"