Bunda, Ini Cara Kenali Tanda-Tanda Mata Juling pada Bayi

Cara Kenali Tanda-Tanda Mata Juling pada Bayi

Setiap orangtua tentunya menginginkan anak mereka terlahir dengan keadaan tubuh yang lengkap dan tidak ada kekurangan satupun. Akan tetapi, dalam kasus tertentu ada kalanya perkembangan bayi menemui hambatan sehingga bayi terlahir dalam keadaan sedikit ‘lain’ dibandingkan dengan bayi-bayi pada umumnya. Salah satunya adalah kasus mata juling. Dan berikut adalah cara kenali tanda-tanda mata juling pada bayi.

Setelah bayi Anda lahir, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan mata bayi, namun pemeriksaan tersebut hanya ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada penglihatan bayi, seperti apakah bayi menderita katarak kongenital, atau penyakit mata neonatal yang lainnya. Sedangkan, untuk mengetahui apakah mata bayi Anda juling atau tidak baru dapat diketahui beberapa bulan setelahnya, yaitu saat bayi telah berusia 2-3 bulan. Dengan kata lain, cara kenali tanda-tanda mata juling pada bayi baru dapat diaplikasikan saat bayi mencapai usia dimana kemampuan motorik dan fokusnya sudah mulai berkembang.

Tapi, jika mata bayi Anda menunjukkan hanya satu mata saja yang bergerak, atau gerakan kedua mata tidak selaras, Anda tidak perlu khawatir, terutama jika hal tersebut terjadi pada rentang usia bayi 3-6 bulan. Hal tersebut dikarenakan bayi masih belajar untuk menggunakan dan mengendailkan otot-otot matanya. Namun, jika Anda mendapati bahwa gerakan kedua matanya tidak selaras dan hal tersebut terjadi secara konstan dan parah, maka ada baiknya Anda segera menghubungi dokter mata untuk memeriksakan kemungkinan bayi Anda memiliki mata juling.

Setelah usia bayi Anda tepat 6 bulan, jadwalkan tes mata dengan dokter mata, tapi Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah, karena tes ini hanya memerlukan senter berukuran kecil. Caranya, sorotkan cahaya senter ke arah tengah di antara kedua mata bayi. Perhatikan refleks cahaya yang ditunjukkan oleh mata bayi Anda. Jika bayi Anda mampu mendeteksi cahaya yang berada di tengah-tengah, maka Anda tidak perlu khawatir, Moms. Karena itu merupakan pertanda bahwa mata bayi Anda tidak juling. Sebaliknya, jika fokus pandangan bayi tidak menunjuk ke tengah, maka ada kemungkinan bahwa bayi Anda mengalami juling.Catat data-data yang Anda peroleh, karena Anda akan membutuhkannya saat pemeriksaan di saat anak Anda menginjak usia 2 tahun.

Demikianlah beberapa cara kenali tanda-tanda mata juling pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini Cara Kenali Tanda-Tanda Mata Juling pada Bayi"