Bunda, Ini Cara Mengatasi Flu Pada Bayi

Hati-Hati-Penyakit-Flu-Perut-Pada-Anak-Ya-Ibu

Penyakit flu, atau pilek pada bayi merupakan penyakit yang cukup sering terjadi pada anak terutama saat ia masih bayi. Hal tersebut dikarenakan bayi memiliki daya tahan tubuh yang masih belum sempurna. Bergantung dari berat tidaknya gejala flu tersebut, bayi umumnya masih ceria dengan nafsu makan yang relatif normal. Tapi jika gejala flu yang menyerangnya lumayan berat, ia bisa jadi sedikit rewel karena pernapasan yang terhambat dan mengalami penurunan nafsu makan. Sebagai orangtua tentunya Anda merasa tidak tega melihat anak Anda jatuh sakit. Nah Bunda, simak cara mengatasi flu pada bayi berikut ini yuk.
Flu pada bayi seringkali terjadi akibat respons tubuh bayi terhadap kondisi udara yang terlalu dingin. Sehingga, salah satu cara mengatasi flu pada bayi yang pertama dan yang paling utama adalah pastikan bahwa temperatur kamar bayi cenderung stabil, dalam arti tidak terlalu dingin maupun tidak terlalu panas. Hindari penggunaan pendingin ruangan (AC) pada kamar bayi. Apabila Anda kebetulan tinggal di daerah dengan suhu udara yang panas dan lembap, maka diperbolehkan untuk menggunakan AC. Asalkan Anda juga menambahkan humidifier atau alat pelembab udara untuk membantu mengontrol suhu ruangan kamar tidur bayi.
Anda juga bisa membantu melegakan pernapasan bayi dengan mengencerkan lendir hidungnya dengan menggunakan sedikit air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi. Larutan garam tersebut dapat membantu untuk mengencerkan lendir hidung bayi sehingga lebih mudah dikeluarkan. Untuk membersihkan lendir hidung bayi, gunakan alat penyedot ingus bayi yang bisa Anda beli di apotik ataupun melalui situs-situs jual beli online.
Memberikan pijatan lembut pada bayi tidak hanya membantu menenangkannya, tetapi juga dapat membantu meringankan gejala pilek yang diderita buah hati Anda. Anda bisa memberikan pijatan pada area hidung dan alis untuk membantu melancarkan pernapasan bayi dan mengeluarkan lendir yang menyumbat hidung si kecil.
Selain itu, memberikan lingkungan yang tenang agar bayi dapat beristirahat juga sangatlah penting. Daya tahan tubuh bayi akan menguat jika bayi Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Jadi, pastikan bahwa tidurnya selalu nyenyak. Jika bayi Anda sering terbangun karena hidung tersumbat, posisikan bayi dalam keadaan tubuh miring untuk membantu melegakan pernapasannya.
Demikianlah beberapa tips dan cara mengatasi flu pada bayi. Dan yang paling penting, berhati-hatilah saat Anda akan memberikan obat kepada bayi Anda. Jangan pernah memberikan obat pilek kepada bayi Anda tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini Cara Mengatasi Flu Pada Bayi"