Bunda, Ini Cara Menyusui Bayi Saat Tidur

No comment 229 views

Bunda, Ini Cara Menyusui Bayi Saat Tidur

Cara Menyusui Bayi Saat Tidur – Sebagai seorang ibu, menyusui merupakan proses alami yang dapat memberikan manfaat positif pada bayi Anda. Apalagi jika Anda memberikan si Kecil ASI eksklusif, yang sangat penting bagi pertumbuhan buah hati. Ini karena di dalam ASI terkandung nutrisi penting untuk sistim imun alami si bayi. Tak hanya itu saja, lho. Karena dengan menyusui, ikatan batin antara anak dan ibu akan tumbuh. Nah, bagaimana jika waktunya menyusui si Kecil justru masih tidur? Untuk itulah tim katalogibu.com sudah merangkum tips dan cara menyusui bayi sambil tidur, nih!

Bangunkan perlahan

Jika bayi Anda sedang tidur, dan ini adalah jadwalnya untuk menyusu, jangan dibiarkan, ya? Usahakan untuk membangunkannya. Tapi perlahan saja. Tanda bayi akan bangun bisa Anda perhatikan, seperti gerakan pada mata atau anggota tubuh lainnya. Rengkuh bayi Anda dan usap lembut bayi hingga dia terbangun tanpa terkejut.

Ubah posisi bayi Anda

Tidak jarang bayi bertambah mengantuk ketika Anda menyusui. Tapi jangan khawatir, karena ada cara menyusui bayi yang sedang tidur, kok. Yaitu dengan lembut mengubah posisi bayi. Tetap dorong bayi Anda agar tetap terbangun. Hal ini untuk menghindari si bayi tersedak ketika menyusu sambil tidur. Tapi usahakan Anda tidak mendorongnya terlalu keras.

Bangunkan dan dekap

Nah, jika bayi Anda tertidur, cara menyusui bayi saat tidur yang satu ini harus Anda praktekkan. Ya, ini salah satu cara menyusui bayi yang benar ketika dia mulai tertidur.  Cobalah untuk membangunkan bayi Anda dengan cara mendekapnya seraya diayun perlahan. Mengubah posisi bayi Anda akan membuatnya terbangun. Dan ini tidak membahayakan.

Lalu bagaimana dengan menyusui bayi dengan posisi miring? Ada banyak yang mempercayai hal ini bisa membahayakan. Namun untuk cara menyusui bayi baru lahir. Yang disarankan adalah menyusui dengan posisi bayi tengkurap. Posisi ini yang paling baik. Dan sebenarnya menyusui bayi dengan posisi miring itu yang paling direkomendasikan.

Yang perlu Anda ketahui jika menyusui bayi yang tidur dapat menyebabkan beberapa masalah. Misalnya saja tersendat atau tersedak. Jadi untuk mengurangi risiko yang akan membuat bayi tidak nyaman, Anda perlu membuatnya terbangun. Cara menyusui bayi saat tidur bisa Anda praktekkan, jadi tak perlu cemas lagi ketika tiba waktu menyusui tapi si Kecil tengah tertidur. Selain cara menyusui bayi saat tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai seorang ibu, yaitu cara menyusui bayi kembar.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini Cara Menyusui Bayi Saat Tidur"