Bunda, Ini Tips Teknik Pernapasan Persalinan Pormal!

KatalogIbu – Proses persalinan adalah salah satu proses yang sangat ditunggu-tunggu setelah melewati trimester ketiga akhir. Meskipun proses ini sangat mencemaskan. Salah satu proses penting persalinan adalah teknik pernafasannya. Teknik pernafasan yang benar akan membantu Bunda melahirkan dengan proses normal tidak sakit. Berikut ini teknik pernapasan persalinan normal.

  1. Kontraksi

Kontraksi dapat membuat ibu merasa sangat panic saat rasa sakit yang tiba-tiba datang. Pada kondisi ini kontraksi dapat datang dalam waktu yang sangat cepat atau lambat. Kontraksi dapat menyebabkan kram dan rasa sakit luar biasa, sehingga ibu sulit untuk bergerak. Hal yang dibutuhkan adalah mengolah pernafasan, Ibu harus menjaga agar pernafasan berjalan dengan baik. Bernafas dengan menarik udara dari hidung dan keluarkan lewat mulut ketika kontraksi menjadi lebih cepat. Hindari menahan nafas saat tidak ada kontraksi karena dapat menyebabkan kehilangan energy. Jaga agar perasaan dan pikiran ibu tetap focus untuk mengelola rasa sakit.

  1. Transisi

Ketika masa transisi yaitu saat kepala bayi sudah terlihat. Namun, jalan lahir belum terlihat membuka sepenuhnya biasanya ibu sudah putus asa. Teknik pernafasan saat melahirkan ketika ibu sudah dalam masa transisi yaitu ketika mulai da nada keinginan untuk mengejan, ambilah nafas dalam lalu keluarkan lewat mulut. Apabila Bunda didampingi oleh pasangan, tetap jaga komunikasi dan berpegangan tangan bias sangat membantu. Kembali lakukan bernafas pendek dengan jeda 20 detik untuk menjaga energy. Lakukan cara mengejan sesuai dengan instruksi dokter atau bidan.

  1. Saat Bayi Akan Keluar

Ini merupakan tahap terahir. Maka dari itu, proses ini sangat penting untuk ibu akan melahirkan. Ketika ibu sudah bersiap untuk mendorong bayi untuk keluar. Jangan sampai menahan nafas, karena menahan nafas di saat yang salah dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan resiko pneumotoraks atau lubang pada paru-paru. Teknik pernafasan saat melahirkan ketika bayi akan keluar. Saat kontraksi sudah kuat maka ambil nafas dalam keluarkan dengan lembut dari mulut, ikuti setiap aba-aba dari dokter atau bidan. Kenali setiap kontraksi yang muncul dan dorongan yang kuat dari bayi. Saat bayi sudah keluar makan ibu sudah tidak merasakan kontraksi dan dapat bersantai. Ibu bias bersantai dan kembali mengambil nafas sambil menunggu bayi untuk diberikan ASI.

Teknik pernapasan persalinan normal merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk kelancaran proses persalinan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu ibu saat proses kelahiran tiba.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini Tips Teknik Pernapasan Persalinan Pormal!"