Bunda, Inilah 4 Langkah Tepat Menggendong Bayi

No comment 1043 views

Bunda, Inilah 4 Langkah Tepat Menggendong Bayi

Menggendong bayi – Menggendong bayi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Hal ini sangat penting dilakukan karena dapat menstimulasi kedekatang bayi dengan ibunya. Namun bagi Anda yang baru saja menjadi ibu, tentunya menggendong bayi merupakan kegiatan yang sangat menakutkan.

Bagaimana tidak, tubuh bayi yang baru lahir seolah terlihat sangat rapuh dan jika terjadi kesalahan saat menggendong akan membahayakan bayi itu sendiri. Bunda, Jangan takut dan ragu untuk menggendong bayi, dengan sedikit belajar dan keyakinan diri pasti Anda bisa menggendong bayi dengan luwes.

Untuk melatih menggendong bayi berikut adalah tips yang harus Anda lakukan. Baca juga : Ini 5 Manfaat Dari Menggendong Bayi

Cara menggendong bayi yang tepat

1. Mendekat pada bayi
Hal pertama yang harus bunda lakukan untuk menggendong bayi yaitu mendekat pada bayi, lalu selipkan satu tangan Anda pada bagian leher dan kepala untuk menyangganya. Kemudian letakan tangan yang satu untuk menopang punggung dan pantatnya. Hal ini dilakukan untuk mengangkat bayi.

2. Letakan bayi pada lipatan siku
Saat menggendong bayi, letakan kepala bayi pada dilipatan siku Anda lalu sangga pantatnya dengan telapak tangan. Dan selalu ingat untuk melakukannya secara perlahan. Jangan lupa juga untuk memegangnya erat-erat, lalu perlahan dekatkan bayi ke arah dada Anda. Saat Anda akan mengangkat bayi dari tempat tidurnya, posisikan kepala sejajar dengan bagian tubuh lainnya sedangkan jika sudah dalam gendongan maka posisi kepala bayi harus selalu lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

3. Mendekatkan bayi pada dada
Tips menggendong bayi berikutnya adalah mendekatkan bayi pada dada Anda, bayi akan merasa senang karena bisa mendengarkan suara detak jantung Anda.

4. Meletakan bayi
Ketika Anda akan meletakan bayi di ranjangnya, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menurunkan tubuhnya dulu hingga menyentuh kasur. Sangga terus kepalanya, baru setelah tubuh bayi benar-benar aman di atas kasur, tarik tangan kita dari kepalanya secara perlahan.

Itulah langkah – langkah yang harus Anda lakukan untuk menggendong bayi. Saat menggedong bayi hindarilah melakukan kegiatan seperti memasak karena sangat berbahaya dan tidak baik membawa bayi dekat dengan api. Dan jangan lupa menggendong bayi menggunakan alat gendong yang nyaman.

 

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah 4 Langkah Tepat Menggendong Bayi"