Bunda, Ketahui Cara Melakukan USG 3 Dimensi Yang Benar Yuk

USG 3 Dimensi

Saat Anda hamil, sudah pasti Anda akan memberikan usaha yang terbaik untuk memperoleh usia kehamilan yang berkualitas dengan janin yang berkembang dengan baik tanpa ada gangguan satupun yang dapat mengancam kesehatan janin dan Anda sendiri. Selain mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi yang baik untuk mendukung perkembangan janin, Anda juga perlu rajin memeriksakan diri ke dokter kandungan, dan di sana Anda dapat memantau perkembangan janin Anda melalui mesin USG. Dan baru-baru ini rasa penasaran Anda akan semakin terpuaskan dengan memanfaatkan metode USG 3 dimensi. Nah, bagaimanakah cara melakukan USG 3 Dimensi yang benar?

Cara melakukan USG 3 Dimensi yang benar ini tentunya sangat penting bagi Anda karena sama seperti metode USG yang lain, metode USG 3 dimensi ini tidak bisa digunakan sesuka hati Anda. Sebagai contoh, untuk melakukan USG 2 dimensi saja hanya bisa diperbolehkan jika Anda memasuki usia kehamilan 10 – 14 minggu, dan yang pasti juga berdasarkan rekomendasi dari dokter kandungan Anda. Pada usia kehamilan tersebut USG digunakan untuk menentukan benar tidaknya kehamilan Anda sekaligus juga sebagai metode pendeteksian dini dari gangguan-gangguan kehamilan dan kelainan pada janin. Pada tahap ini, Anda juga dapat mengetahui usia dari kehamilan Anda.   Baca juga: Cara Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI

Para dokter kandungan pada umumnya akan lebih merekomendasikan Anda untuk menggunakan fasilitas USG 2 dimensi saja. Dengan USG 2 dimensi, dokter sudah memperoleh gambaran mengenai ada tidaknya kelainan pada janin, selain itu USG 2 dimensi dinilai jauh lebih terjangkau dari versi modernnya.

Dengan kata lain, metode pemantauan dengan menggunakan USG 3D hanya dapat dilakukan jika dokter mendeteksi adanya gangguan kehamilan atau kelainan pada janin yang tidak dapat terdeteksi dengan mudah dengan hanya menggunakan USG 2  dimensi. Seperti contoh, dokter akan merujuk untuk menggunakan metode USG 3D apabila mereka mencurigai akan adanya kelainan jantung pada bayi atau kelainan fungsi organ vital lain pada bayi.

Demikianlah sekilas info mengenai cara melakukan USG 3 Dimensi yang benar. USG 3 Dimensi memang sangat bermanfaat untuk membantu dokter mendapatkan gambaran kondisi fisik dan kondisi fungsi organ bayi secara lebih mendetail dibandingkan dengan versi 2D. Ibu hamil juga menjadi lebih terhibur karena beliau dapat melihat lebih jelas wajah bayi yang tengah dikandungnya. Akan tetapi, sekali lagi, USG 3 dimensi bukanlah sebuah bentuk kemewahan yang dapat Anda pilih, melainkan bagian dari prosedur pemeriksaan kehamilan yang perlu dilakukan saat terdeteksi gangguan-gangguan terhadap kehamilan Anda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ketahui Cara Melakukan USG 3 Dimensi Yang Benar Yuk"