Bunda, Pelajari Pola Buang Air Kecil pada Bayi

Setiap bunda wajib hukumnya mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan bayi setiap harinya. Tidak terkecuali buang air pada bayi. Hal ini perlu adanya pengetahuan tenantang itu. Dengan mengetahui polanya bunda dapat merawat kulit bayi agar tidak terjadi iritasi.

 

Setiap bayi mempunyai pola buang air yang berbeda-beda. Pola ini bisa didukung dengan seberapa ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif umumnya akan melakukan kegiatan ini  sebanyak 10 sampai 20 kali dalam setiap harinya. Untuk itu bunda harus memperhatikan agar bayi tidak teriritasi dan dapat menghemat popok yang digunakan.

 

Hal yang bunda bisa lakukan adalah mencatat atau membuat agenda yang fungsinya untuk mengetahui kapan bayi buang air. Biasanya untuk bayi yang berusia 0-6 bulan, bunda tidak bisa mengatur polanya. Namun, bunda perlu mengenali jadwal kegiatan itu yang dilakukan pada si bayi, dengan begitu bunda dapat menandai waktu dimana si kecil akan melakukannya.

 

Faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi buang air kecil adalah pembrian ASI atau susu formula. Biasanya bayi yang mengonsumsi susu formula tingkat frekuensinya lebih sering. Makanan pendamping ASI juga menjadi salah satunya yang berpengaruh dalam hal tersebut. Faktor lain yaitu dari cairan tubuh bayi, jika bayi cairannya terjaga dengan baik tentu akan melakukan BAK.

 

Dengan mengetahui rutinitas waktu bayi buang air bunda bisa memperkirakannya dan bahkan dapat mengatur polanya. Ketika bunda sudah mengatur polanya bunda akan tahu ritmenya kapan bayi akan melakukan kegiatan tersebut. Mungkin ritme tersebut akan berubah ketika bayi sudah di atas usia 6 bulan. Semakin usia bayi bertambah ritmenya akan semakin berkurang.

 

Ketika bayi nantinya menginjak usia 1 tahun bunda bisa mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang baik pada anak terutama saat anak akan buang air kecil. Ajarkan si kecil mulai dari hal yang sederhana yaitu mengajaknya ke toilet. Membukakan celana anak ketika mau BAK. Sebenarnya mengajari bayi BAK bisa dimulai sejak bayi usia 2 bulan dengan cara memberikan stimulus ketika bayi melakukan kegiatan tersebut buda bisa langsung memeriksa popoknya.

 

Bunda juga harus mengajari si kecil ketika selesai BAK ajarkan mencuci tangannya. Mungkin hal ini sepertinya sepele namun ini sangat penting diajarkan sejak dini. Itulah bunda pentingnya mengetahui pola buang air pada bayi. Semoga artikel ini menambah wawasan bunda ya.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Pelajari Pola Buang Air Kecil pada Bayi"