Bunda, Perhatikan 5 Pantangan Ibu Hamil ini!

No comment 7429 views

Bunda, Perhatikan 5 Pantangan Ibu Hamil ini!

Pantangan ibu hamil – Memeliki momongan adalah keinginan bagi setiap pasangan suami istri. Hidup akan terasa lebih lengkap ketika hadirnya bayi dikeluarga. Namun terkadang impian itu sirna ketika saat mengandung terjadi keguguran atau bayi terlahir cacat. Perkembangan bayi di dalam kandungan memang sangat rentan jika tidak dijaga dengan baik – baik. Pola kehidupan Anda akan mempengaruhi perkembangan bayi di dalam rahim.

Memiliki bayi yang lahir sehat menjadi dambaan bagi setiap ibu hamil, barbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi. Bahkan tentunya Anda sering mendengar tradisi di masyarakat yang berhungan dengan kehamilan atau biasa disebut dengan pantangan ibu hamil. Beberapa pantangan diantaranya bisa diterima secara medis namun ada juga yang masih dalam penelitian. Berikut adalah pantangan ibu hamil secara medis yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari.

Pantangan – pantangan ibu hamil

1. Makan makanan mentah
Pantangan yang pertama yaitu mengonsumsi makanan mentah. Makanan yang dimasak tidak matang berasal dari hewan dan sayuran memiliki resiko tinggi memicu gangguan kesehatan. Makanan mentah tersebut seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue yang masih mentah di dalamnya mengandung bakteri , virus , dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin ibu hamil. Saat usia kandungan masih muda, mengonsumsi makanan mentah sangat rentan terjadi keguguran.

2. Minuman beralkohol
Jika Anda tidak menginginkan bayi lahir cacat sebaiknya tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Di Amerika Serikat terdapat 750 bayi yang tiap tahunnya lahir dalam keadaan cacat mental, cacat fisik dan kesalahan pembentukan wajah pada janin. Hal ini terjadi karena akibat gejala Fetal alcohol Syndrome atau sindroma bahaya alcohol terhadap janin.

3. Mandi air panas
Ternyata mandi dengan air panas menjadi pantangan bagi ibu hamil. Memang mandi atau sauna air hangat sangat mengasyikan apalagi berendam berjam – jam. Namun perlu diketahui bahwa suhu air tidak boleh lebih dari 35º C dan tidak boleh terlalu lama karna dapat menimbulkan kontraksi.

4. Merokok
Menjadi perokok maupun berada di tengah – tengah para perokok, sama saja menghirup racun. Menurut WHO, dalam kepulan asap rokok terkandung 4000 senyawa kimia berbahaya. Bahkan 43 senyawa kimia diantaranya bersifat karsinogenik atau pemicu kanker. Resikonya akan terjadi keguguran,bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat rendah, dan kematian.

5. Membersihkan kotoran hewan
Seberapapun sayangnya Anda pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, Anda sebaiknya tidak membersihkan kandang atau kotorannya. Karena kotoran anjing dan kucing mengandung parasit toksoplasmosis. Parasit dalam kotoran hewan ini berisiko menimbulkan keguguran, bayi lahir cacat, serta kerusakan pada organ dalam dan sistem saraf pusat balita.

Beberapa pantangan ibu hamil tersebut sebaiknya benar – benar diperhatikan agar nantinya bayi terlahir sehat dan tidak mengalami kecacatan apapun. Baca juga : Perhatikan 4 Hal Berikut Agar Ibu Hamil Tidur Nyenyak

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Perhatikan 5 Pantangan Ibu Hamil ini!"