Bunda, Simak Cara Atasi Nafas Pendek Bagi Ibu Hamil Yuk!

cara atasi nafas pendek bagi ibu hamilBunda, masa-masa kehamilan memang merupakan masa yang paling penting dan sangat membahagiakan bagi Anda. Rasa bahagia tersebut tentu semakin membuncah ketika Anda dapat mengamati sang buah hati yang menunjukkan perkembangan yang pesat. Akan tetapi, seiring dengan pertumbuhan bayi terutama pada usia kehamilan menginjak trimester akhir, maka rahim juga akan membesar dan menekan beberapa organ tubuh Anda, termasuk organ pernafasan. Anda pun akan sering mengalami sesak nafas atau nafas berubah menjadi pendek. Hmm, kira-kira bagaimanakah cara atasi nafas pendek bagi ibu hamil, ya?  Baca juga: Waspada! Ternyata Inilah Penyebab Kanker Payudara!

Para ahli dan dokter kandungan pada umumnya memiliki cara atasi nafas pendek bagi ibu hamil yang tergolong sangat mudah untuk Anda ikuti. Terapi-terapi tersebut pada umumnya meliputi terapi deep breathing yang melatih Anda untuk bernafas menggunakan pernafasan dalam. Selain melakukan terapi yang direkomendasikan dokter, ada baiknya Anda mempraktekkan tips-tips berikut untuk membantu memperlancar pernafasan Anda.

  • Salah satu hal yang harus tidak boleh Anda lupakan saat Anda menyadari bahwa nafas Anda berubah menjadi pendek, adalah rileks! Anda dapat melakukannya dengan memfokuskan perhatian Anda pada aliran nafas Anda, perhatikan setiap tarikan dan hembusan nafas yang Anda lakukan. Tanpa terasa, tubuh Anda pun terasa lebih rileks dan nafas Anda pun menjadi lebih dalam dan teratur!
  • Melakukan aktivitas olahraga juga dapat membantu Anda memperdalam nafas Anda lho, Moms! Akan tetapi, jangan lakukan aktivitas olahraga yang terlalu berat dan berlebihan, ya? Bagi ibu hamil, olahraga aerobik ringan dan menyenangkan seperti yoga dan berenang merupakan pilihan yang sempurna. Lakukan aktivitas olahraga tersebut paling tidak selama 30 menit setiap dua kali dalam satu minggu. Dengan demikian selain memperbaiki kualitas pernapasan Anda, tubuh Anda pun akan terasa lebih segar bugar.
  • Bagi ibu hamil yang tidak bisa diam saja di rumah pada umumnya akan menyibukkan diri dengan membersihkan rumah atau memasak. Nah, jika Anda termasuk ibu yang gemar membersihkan rumah, paling tidak untuk saat ini hindari tempat-tempat yang pengap, gelap dan berdebu seperti gudang.

Atau jika Anda bepergian, hindari menggunakan alat transportasi umum, karena pada umumnya kendaraan transportasi memiliki hawa panas, pengap serta tidak jarang Anda akan menemukan penumpang yang merokok. Jika Anda memerlukan sesuatu di luar rumah, Anda dapat paling tidak memesan taksi atau menitipkan barang pesanan Anda kepada suami Anda.

Demikianlah beberapa tips cara atasi nafas pendek bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Cara Atasi Nafas Pendek Bagi Ibu Hamil Yuk!"