Bunda, Simak Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Setiap orangtua tentunya mengharapkan agar bayi yang ada di dalam kandungan mereka berkembang dengan sehat danterlahir tepat waktu. Akan tetapi dalam beberapa kasus kehamilan, seorang ibu hamil terpaksa harus melahirkan bayinya lebih awal dari waktu seharusnya. Bayi yang terlahir sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu disebut dengan bayi prematur. Bayi yang terlahir prematur umumnya terlahir dengan ukuran badan yang jauh lebih kecil dengan berat di bawah berat badan bayi ideal, jika dibandingkan dengan bayi yang terlahir tepat waktu. Lalu, bagaimanakah cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk.
Jika bayi Anda terlahir prematur, maka Anda baru diperbolehkan membawanya pulang dari rumah sakit jika ia mencapai 1800 gram dengan kenaikan berat badan paling tidak 30 gram tiap harinya. Dan setelah Anda membawanya pulang ke rumah itulah saat perjuangan sesungguhnya dimulai. Cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk dimulai dengan pemberian ASI.
Dibandingkan dengan bayi-bayi lainnya, bayi prematur membutuhkan ASI yang jauh lebih banyak. Pemberian ASI juga sepenuhnya bergantung pada kemampuan refleks hisap bayi, yang pada umumnya sudah terbentuk dengan cukup baik di usia kehamilan lebih dari 34 minggu. Bayi prematur dengan refleks hisap yang baik dapat langsung menyusu pada ibundanya, sedangkan jika kemampuan hisapnya masih belum terbentuk dengan baik, maka Anda dapat memberikan ASI dengan menyuapi bayi Anda dengan menggunakan sendok khusus. Nutrisi ASI yang diberikan pada bayi prematur juga diberikan dengan cara yang berbeda, bergantung dari ukuran tubuhnya.
Dan karena bayi Anda memerlukan asupan ASI sesering mungkin, Anda juga perlu bekerja ekstra dengan menyediakan ASI yang bisa dilakukan dengan jalur pompa ASI. Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI dan juga menjauhi faktor-faktor yang dapat mengakibatkan produksi ASI terganggu, seperti stres dan kelelahan. Bayi wajib menyusui setiap 1,5-2 jam dalam sehari setelah pulang dari rumah sakit, dan seterusnya ia wajib menerima asupan ASI tiap 2-3 jam, atau 8-10 kali tiap harinya.
Selain itu, bayi prematur juga tidur lebih lama dari bayi yang terlahir tepat waktu. Akan tetapi, si kecil juga akan sering terbangun dari tidurnya jika ada interupsi. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk mengkondisikan ruang tidur bayi agar ia dapat tidur lebih nyenyak. Jangan lupa untuk menjaga agar posisi tidur bayi tetap telentang, dan pastikan kasur yang ia tiduri tidak terlalu empuk. Karena dua faktor di atas dapat membantu mencegah terjadinya sindrom bayi meninggal secara mendadak (SIDS).

Demikianlah 2 cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk. Semoga membantu, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk"